Thursday, January 31, 2019

Teaching Challenge 2019 menawarkan total Dua Ratus Juta untuk Hibah Penelitian


KOMUNITASNGOPI.com - SAAT ini, pendidikan dituntut untuk mampu menjadi pilar di tengah perkembangan pesat dunia. Guru sebagai ujung tombak dalam dunia pendidikan memegang peranan penting dalam perkembangan tersebut. Untuk itulah, kesadaran guru dalam mengembangkan metode pengajaran dan pembelajaran yang efektif menjadi sangat penting.

Terkait itulah, HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Services), sebuah lembaga yang didirikan Yayasan Hasnur Centre menyelenggarakan Teaching Challenge 2019. HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Services) menjadi salah satu divisi di bidang training guru sebagai upaya untuk mendorong percepatan transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan metode pengajaran di kelas dan metode pembelajaran serta pengembangan kurikulum sekolah.

Teaching Challenge merupakan sebuah kompetisi pengajaran bagi guru bertemakan tindakan kelas. Dengan mengambil tema “Education for The Future”, Teaching Challenge 2019 menawarkan total hadiah sebesar Rp 200.000.000 untuk 40 guru terpilih dari guru SD/SMP/SMA/SMK/Sekolah Inklusif yang masih mengajar secara aktif di kelas dari seluruh Indonesia. Program ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi guru dan praktisi pendidikan untuk selalu berinovasi dalam mengembangkan metode pengajaran yang efektif.

Tujuan Teaching Challenge 2019 adalah meningkatkan kesadaran guru dan praktisi pendidikan akan pentingnya metode pengajaran dan pembelajaran yang efektif, menstimulasi guru dan praktisi pendidikan untuk berinovasi dalam mengembangkan metode pengajaran dan pembelajaran yang
efektif, serta membantu guru dan praktisi pendidikan untuk  menerapkan metode pengajaran dan pembelajaran yang efektif ke dalam kelas.

Untuk mengikuti seleksi Teaching Challenge 2019, guru dapat mengirimakan pemaparan mengenai masalah pembelajaran dalam bentuk video berdurasi 10-15 menit, Video yang dikirim berupa rekaman guru yang sedang mengajar di kelas serta suasana kelas saat proses belajar mengajar berlangsung. Diharapkan dari video tersebut, masalah dalam pengajaran dapat digambarkan dengan lebih jelas dan nyata. Selain itu, guru juga harus membuat esai berisi pemaparan masalah pengajaran dan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut. Dana hibah akan dapat diterima setelah peserta terpilih mengikuti proses coaching dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Untuk mengikuti Teaching Challenge 2019, silahkan mengisi formulir pendaftaran sekaligus video dan esai di website HAFECS. Batas waktu pengiriman dokumen adalah 22 Februari 2019 pukul 23.59 WIB. Sedangkan pengumuman seleksi dilakukan pada tanggal 25 Februari 2019,(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon