Wednesday, February 6, 2019

Apa Yang Baru dari Microsoft Office 2019?


KOMUNITASNGOPI.com – Bagi para guru yang berkecimpung di dunia pendidikan, apalagi guru yang mendapatkan tugas tambahan sebagai tenaga administrasi sekolah, bersentuhan dengan komputer dengan segala aplikasi yang tertanam didalamnya bukanlah hal yang asing. Apalagi perangkat administrasi guru saat ini memaksa mereka harus bersedia belajar nutul laptop guna memudahkan tugas yang harus dikerjakannya.

Selama ini, aplikasi pengolah data yang familiar di kalangan guru adalah Microsoft Office untuk mengerjakan perangkat mengajar seperti Silabus, RPP, dan lain-lain. Namun, meski menjadi aplikasi wajib, tak sedikit guru yang tidak peduli, atau lebih tepatnya tidak mengerti dengan keberadaan aplikasinya. Bayangkan, di tahun 2019, ada sebagian guru yang masih menggunakan Office 2007, bahkan ada yang Office 2003. Ini sudah 2019 mas broww...hhh

Sekedar sebagai pengetahuan, baru-baru ini microsoft sebagai pemilik aplikasi office telah secara resmi meluncurkan Microsoft Office 2019 sebagai pengelolah dokumen. Beragam fitur baru Office 2019 bisa dinikmati yang sebelumnya belum tersedia pada versi Office terdahulu. Kehadiran fitur-fitur ini tentunya diharapkan akan mampu menambah pengalaman serta mempercepat pekerjaan guru, atau siapapun yang menggunakan Microsoft Office.

Ada banyak fitur baru Office 2019. Mulai dari fitur presentasi tingkat lanjut, analisis data yang lebih kuat, peningkatan fitur Ink, dan lain-lain. Jika sudah menginstall Microsoft Office 2019, kita tentu bisa langsung menjelajahi software tersebut untuk mencari tahu berbagai pembaharuan. Tapi, jika belum, tentu kita ingin mengetahui daftar lengkap apa saja yang baru di Office 2019.

Supaya tidak penasaran, berikut adalah fitur-fitur baru yang bisa kita dapatkan di Office 2019.

1. Penambahan Vektor Ikon dan Efek Visual

Fitur menarik pertama adalah penambahan efek visual pada Microsoft Word, Excel, dan PowePoint. Kehadiran fitur ini memungkinkan kita bisa membuat kreasi visual pada saat mengerjakan dokumen ataupun presentasi. Dengan adanya fitur ini, kita bisa menambahkan ikon atau gambar vektor ke dalam dokumen untuk memberikan variasi teks yang ditulis. Seperti biasa, setelah ikon dimasukkan ke lembar kerja, maka kita bisa memutar, mengganti warna, dan mengubah ukuran ikon tanpa mengurangi kualitas gambar.


2. Fitur Translator atau Penerjemah

Jika anda seorang penerjemah, fitur ini tentu sangat berguna. Pada Office 2019, Fitur translator berfungsi untuk menerjemahkan kata, kaliman, frasa, dan pilihan teks lainnya ke bahasa apapun. Selain itu, kita juga dapat menggunakan fitur translator Office 2019 ini di Microsoft Outlook dengan manambahkan add-in dari Office Store. Jadi, kehadiran fitur ini membuat kita tidak perlu lagi membuka aplikasi translator ketika terdapat kata, kalimat, atau paragraf yang hendak diterjemahkan ke bahasa lain. Hal ini secara tidak langsung akan mempercapat pekerjaan yang anda lakukan menggunakan Office 2019.

3. Support Penulisan Rumus Menggunakan LaTeX dan UnicodeMath di Word

Jika selama ini kita menuliskan formula matematika di Word menggunakan tool yang terdapat pada Equations, maka pada Office 2019 anda memiliki opsi cara penulisan lain, yaitu dengan menggunakan sintaks LaTeX. Kehadiran fitur ini akan membuat orang yang terbiasa menggunakan bahasa LaTeX menjadi lebih cepat dalam mengetik rumus matematika. Selain menggunakan sintaks LaTeX, Office Word 2019 juga dapat menuliskan Equations menggunakan sintaks UnicodeMath. Kita dapat mengetik sebagian besar persamaan dalam UnicodeMath secara cepat dengan menggunakan kode Math AutoCorrect.

4. Efek Transisi Morph di PowerPoint

Transisi Morph adalah sebuah efek transisi yang memungkinkan kita dapat membuat gerakan halus dari satu slide ke slide berikutnya pada PowerPoint. Efek transisi akan bekerja layaknya membuat sebuah animasi, hanya saja efek gerakan yang dihasilkan lebih halus. Kita dapat menerapkan transisi Morph ke slide untuk menciptakan tampilan gerakan dalam berbagai hal pada teks, ikon, gambar, grafik SmartArt, WordArt, dan grafik. Cara kerjanya sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan transisi Morph secara efektif pada dua slide dengan setidaknya terdapat satu objek yang sama. Lebih baik lagi jika semua objek dalam slide sama dilakukan dengan cara duplikat slide. Kemudian pindahkan objek pada slide kedua sesuai dengan keinginan dan berikan efek transisi Morph.

5. Efek Zoom pada PowerPoint,

Efek zoom Pada PowerPoint Office 2019 bisa membuat presentasi lebih hidup, dinamis dan menarik. Fitur zoom ini bekerja layaknya sebuah halaman yang memungkinkan kita dapat melihat semua bagian dari presentasi sekaligus. Ketika sedang melakukan presentasi, maka kita dapat menggunakan fitur zoom untuk berpindah dari satu bagian ke bagian lain dalam urutan apapun.

6. Fungsi-Fungsi Baru di Microsoft Excel

Bagi yang sering menggunakan Ekcel, maka anda harus tahu bahwa pada Microsoft Excel 2019 juga ditambahkan beberapa fungsi baru dengan kemampuan yang baru pula. Misalnya saja fungsi MAXIFS, CONCAT, IFS, , MINIFS, SWITCH, TEXTJOIN, serta fungsi lainnya. Fungsi-fungsi ini dapat diketikkan langsung pada sel Workspace Excel layaknya fungsi Excel pada umunya.

7. Menulis dan Menggambar Menggunakan Ink

Fitur menarik lainnya pada Office 2019 adalah dapat menulis teks tulisan tangan dan menggambar dengan menggunakan tool Ink, hasilnya dapat diubah menjadi shapes. Fitur ini juga dapat digunakan untuk menulis formula matematika yang kompleks, menandai teks, dan fungsi lainnya. Fitur ini tersedia dan dapat digunakan pada Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan Visio.

8. Pembuatan Diagram Cepat di Visio

Pada Visio yang terdapat di Office 2019, kita dapat membuat sebuah diagram dengan sangat cepat. Bebeberapa bentuk diagram seperti membuat diagram organisasi, brainstroming, dan SDL dapat dilakukan dengan menggunakan template yang sudah disediakan. Kemampuan ini tentu akan membuat proses pembuatan diagram yang dibutuhkan menjadi lebih cepat.

9. Kembangkan Kreatifitas Desain dengan Visio Wireframe

Pada Visio 2019 juga memungkinkan kita membuat desain aplikasi atau website dengan ide yang lebih hidup menggunakan Visio Wireframe. Visio Wireframe merupakan model atau desain visual yang terperinci dari antarmuka pengguna aplikasi. Detail desain yang akan diberikan mulai dari blueprint atau cetak biru desain, fungsi dan konten di dalamnya. Situs Web dan Template Wireframe Seluler ini ideal untuk membuat sketsa desain dan menyajikan ide segar, sampai pada konsensus tim, dan membentuk dasar dari wireframe dengan ketelitian tinggi.

Itulah beberapa fitur baru Office 2019 yang bisa langsung dimanfaatkan setelah kita menginstall Office 2019. Tapi daftar diatas hanyalah fitur garis besar dari Office 2019. Tentu masih banyak fitur menarik lainnya yang bisa ditemukan pada setiap bagian dari produk Office 2019. Jadi masih mempertahankan Office kita yang mungkin sudah jauh kedaluarsa?(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon