Wednesday, February 13, 2019

Ganti Domain, Laman Kesharlindungdikdas Kembali Aktif

Seminar Nasional Kesharlindungdikdas Tahun 2017
Seminar Nasional, salah satu Kegiatan yang dilaksanakan Kesharlindungdikdas tahun 2017
KOMUNITASNGOPI.com - Setelah sempat maintenance dalam waktu lama beberapa lama, laman Kesharlindung kembali aktif beberapa waktu yang lalu. Aktifnya laman tersebut dibarengi dengan perubahan nama domain yang asalnya berlabel dot id, menjadi go.id dengan menggunakan nama Kemdikbud. Hal ini menyesuaikan kebijakan internal, bahwa setiap laman yang dikelola harus menggunakan nomenklatur Kemdikbud. Jadilah laman kesharlindungdikdas.id bermigrasi ke https://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id/.
 Baca Juga: Laman Kesharlindungdikdas Ditutup
Lantas, bagaimana para guru yang telah memiliki akun sebelumnya, apakah harus melakukan pendaftaran ulang?

Bagi guru-guru yang telah memiliki akun, apalagi pernah mengikuti kegiatan yang diselenggarakan kesharlindungdikdas tidak perlu kuatir. Sebab, meskipun berganti domain, tapi tampilan laman sama sekali tidak berubah, baik template maupun kontennya. Artinya, semuanya masih sama persis dengan sebelumnya, hanya nama lamannya saja yang berubah.

"Guru-guru tidak perlu daftar lagi ketika web kembali aktif. Kesharlindung hanya ganti domain. Mereka tinggal login seperti biasa, kemudian memperbaharui data jika memang ada data-data yang masih belum update sesuai dengan kondisi terkini," demikian dikatakan oleh salah seorang pengelola web.

Bagaimana jika saat login mengalami permasalahan, lupa password umpamanya sehingga gagal masuk?

"Para guru tinggal menggunakan fasilitas lupa password dengan memasukkan email yang digunakan ketika daftar. Nanti akan ada link yang dikirimkan melalui email tersebut, guru bisa membuat password baru melalui link itu," imbuhnya lagi.

Presentasi Poster pada Seminar Pendidikan di Kesharlindungdikdas
Peserta Seminar sedang Presentasi Karya melalui Poster
Dengan aktifnya kembali laman kesharlindung, para guru tentu bernafas lega. Mereka kembali bisa memantau kegiatan yang akan diselenggarakan oleh subdit kesharlindung tahun 2019. Lewat laman itulah, mereka berharap akan bisa mengikuti kegiatan-kegiatan berskala nasional bertemu dengan guru-guru di seluruh pelosok negeri untuk saling bertukar pengalaman.
 Baca Juga: Juara Inobel Bidang Mipa Tahun 2018
Jika melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh kesharlindung memang dipantau melalui web. Siapapun boleh mengikuti dengan mendaftar secara online dan berkompetesi dengan guru-guru dari seluruh indonesia. Ketika memenuhi syarat dan lolos seleksi, para guru akan dipanggil untuk mengikuti kegiatan secara nasional.

Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan bermacam-macam. Ada Bimtek Perlindungan Guru, Seminar Pendidikan, Perlombaan semacam OGN dan Inobel, Workshop Literasi, dan lain-lain. Ketika web aktif, kegiatan yang terpantau pertama kali dilaksanakan adalah OGN (Olimpiade Guru Nasional). Juknisnya pun sudah ada di web. Jadi, siapapun Anda, silahkan daftar dan pantau terus laman kesharlindung agar memiliki kesempatan bertemu muka dengan guru-guru dari seluruh pelosok indonesia.(*) 

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon