Thursday, February 28, 2019

Mengatasi Gagal Instal Dapodik 2019 c di Windows 7

Kemendikbud Rilis Aplikasi Dapodikdasmen 2019 c
Rilis Aplikasi Dapodikdasmen 2019 c
Bagi para guru yang kebetulan mendapat tugas tambahan sebagai operator sekolah, nama Dapodik bukanlah hal yang asing. Data Pokok Pendidikan, atau Dapodik dasar dan menengah adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh  Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Dapodik memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data.

Data tersebut bersifat realtime dan terus menerus diperbaharui secara daring.  Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, sistem mangemen pendataan kembali mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen versi terbaru yang diberi nama versi 2019.c. Secara sistem, pembaruan versi 2019.c disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester genap ini. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c dikemas dalam bentuk installer, sehingga perlu proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya.
Spesifikasi Laptopnyang dibutuhkan untuk Dapodikdasmen 2019 c
Spesifikasi Minimum Komputer
Disebutkan dalam panduan, bahwa spesifikasi minimum komputer yang dibutuhkan untuk instalasi aplikasi disesuai dengan juknis BOS pada Permendikbud No 3 Tahun 2019 tentang spesifikasi komputer yang harus dimiliki, yaitu: 
  1. Processor intel core i3 atau yang setara 
  2. Memori standar 4 GB 
  3. Hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD 
  4. Sistem Operasi windows 10 
  5. Aplikasi terpasang peramban web google chrome, mozilla firefox 
Mungkin karena itulah, maka ketika melakukan instalasi Dapodik 2019 c, ada sebagian operator sekolah yang gagal instal karena Sistem Operasi Windowsnya masih menggunakan windows 7. Lantas, apakah komputer atau laptop yang masih menggunakan Windows 7 tidak bisa digunakan untuk melakukan instalasi Dapodik 2019 c?
Gagal Instal Dapodik 2019 c di windows 7
Gagal Instalasi Dapodik 2019 c di Windows 7
Solusi di bawah ini, saya ambil dari status facebook Pak Jaya Negara, seorang Relawan Dapodik. Bagi pengguna Windows 7 32 bit yang masih bermasalah ketika melakukan instal Dapodik v. 2019c, silahkan dicoba cara berikut ini:
  1. Uninstal semua aplikasi yang berhubungan dengan aplikasi Dapodik
  2. Download & Instal Service Pack 1 Windows 7 pada link : http://download.microsoft.com/…/0AFB5316-3062-494A-AB78-7FB… 
  3. Setelah selesai instal, laptop akan melakukan autorestart. 
  4. Hapus Aplikasi Microsoft Visual C++ 2015. Aplikasi bisa dilihat melalui control panel masing-masing komputer.
  5. Download & Instal Microsoft Visual C++ di link : https://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx… 
  6. Download & Instal Update Windows 7 SP 1 di link : https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx… 
  7. Langkah selanjutnya silahkan Instal Dapodik V. 2019 c.
  8. Selesai
Begitulah solusi untuk Dapodik 2019 c yang gagal instal di windows 7 32 bit. Semoga informasi ini membantu bagi teman-teman operator sekolah yang mengalami permasalahan.(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon