Saturday, February 9, 2019

Penghentian Akun Google+ Versi Konsumen

Akun Google+ ditutup

KOMUNITASNGOPI.com - "Anda menerima email ini karena memiliki akun Google+ versi konsumen (pribadi) atau mengelola halaman Google+."
Begitulah bunyi email yang dikirimkan Google+ kepada penggunanya. Bisa dipastikan, siapapun yang berlangganan akun google (terutama google+) mendapatkan pemberitahuan serupa pada awal pebruari kemarin.

Sebelumnya, pada Desember 2018, Google+ telah mengumumkan keputusannya untuk menghentikan penggunaan Google+ versi konsumen pada April 2019. Penghentian tersebut disebabkan rendahnya penggunaan dan tantangan dalam mempertahankan produk sukses yang memenuhi ekspektasi konsumen. Dengan kata lain, pengguna google+ tidak sesuai dengan yang diharapkan, tidak seperti pengguna facebook yang begitu luar biasa.

Baca juga: Pedang Bermata Dua itu Bernama Facebook
Terkait dengan penutupan tersebut, google+ kemudian memberitahukan langkah-langkah selanjutnya bagi pengguna akun Google+, termasuk bagaimana cara mendownload foto dan konten-konten lainnya.

Penghentian akun Google+ akan dimulai pada tanggal 2 April 2019. Pada tanggal tersebut, seluruh akun Google+ dan semua halaman Google+ akan dihentikan, dilanjutkan dengan penghapusan konten dari akun Google+ konsumen, termasuk penghapusan foto dan video dari Google+ di Arsip Album dan halaman Google+.

Jika Anda memiliki akun google+ dengan konten-konten penting yang sayang untuk dihilangkan, Anda dapat mendownload dan menyimpan konten itu mulai dari sekarang. Tetapi harap dipastikan, kita tidak melakukannya sebelum bulan April. Perlu diperhatikan juga bahwa backup foto dan video di Google Foto tidak akan dihapus.

Google memberitahuan, bahwa proses penghapusan konten dari akun Google+ versi konsumen, Halaman Google+, dan Arsip Album akan memakan waktu beberapa bulan. Dalam rentang waktu itu, konten mungkin akan tetap tersedia selama jangka waktu tersebut. Misalnya, pengguna masih dapat melihat beberapa bagian dari akun Google+ mereka melalui log aktivitas, dan lain-lain.

Sejak email itu dikirimkan, mulai tanggal 4 Februari 2019, pengguna akun Google sudah tidak dapat lagi membuat profil, halaman, komunitas, atau acara Google+ baru. Google menyarankan untuk melihat FAQ di laman google untuk mengetahui detail lebih lanjut dan informasi terbaru menjelang penghentian ini.

Sedangkan bagi pemilik atau moderator Google+ Komunitas, pengguna dapat mendownload dan menyimpan data untuk Google+ Komunitas yang dimiliki. Namun proses itu baru bisa dilakukan mulai awal Maret 2019. Data lainnya akan dapat didownload, termasuk penulis, isi, dan foto dari setiap postingan komunitas di komunitas publik.

Yang patut diwaspadai adalah jika kita pernah login ke situs dan aplikasi tertentu menggunakan tombol Login dengan Google+. Setelah penghentian ini, bisa dipastikan bahwa tombol ini tidak akan berfungsi lagi dalam beberapa minggu ke depan. Google menjelaskan bahwa pada beberapa kasus, tombol tersebut akan digantikan dengan tombol Login dengan Google.
Bagi pengguna Google+ ketika memberikan komentar di situs, baik di situs ataupun di situs-situs lainnya, fitur ini akan dihapus dari Blogger paling lambat tanggal 4 Februari 2018. Sedangkan pengguna situs lainnya akan dihapus paling lambat tanggal 7 Maret 2019. Semua komentar Google+ di semua situs akan dihapus mulai tanggal 2 April 2019.
Namun bagi pelanggan G Suite, Google+ untuk akun G Suite akan tetap aktif. Hanya saja, pengguna diminta untuk menghubungi admin G Suite untuk mendapatkan detail lebih lanjut.

Jadi, jika Anda memiliki akun Google+ dan terdapat konten-konten penting di dalamnya. Antisipasi mulai dari sekarang sekarang sebelum akun google+ betul-betul dihapus dan hilang dari peredaran.(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon