Saturday, March 23, 2019

Diklat PembaTIK Level 1, Apa Yang Harus dilakukan?

Diskusi Bersama Kegiatan Pembatik Level 1 2018
Diskusi Bersama Komunitas Ngopi dalam Kegiatan Pembatik Level 1 2018
Ajang Pemilihan Duta Rumah Belajar (DRB) Tahun 2019 telah dibuka sejak 18 Maret 2019 yang lalu. Pemilihan Duta Rumah Belajar yang dikemas melalui kegiatan PembaTIK atau Pembelajaran Berbasis TIK itu diselenggarakan hingga 4 level, mulai tahap Literasi TIK hingga Berbagi TIK.
baca: Pemilihan Duta Rumah Belajar 2019
Bagi Anda yang telah mendaftar pada kegiatan PembaTIK 2019, Apa yang harus dilakukan?

Seperti diketahui, ada 4 level dalam Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK. Masing-masing level memiliki tahapan dan kegiatan sendiri-sendiri, tentu saja dengan bukti sertifikat masing-masing.

Pada tahap level 1 Pembelajaran Berbasis TIK adalah tahap literasi. Yang harus dilakukan peserta setelah sukses mendaftar adalah mengunduh modul yang disediakan di akun. Karena tahap literasi, modul itu harus dibaca dan dipelajari secara mandiri. Waktu pendaftaran untuk level 1 ini cukup lama antara 18 Maret - 18 April 2019.

Sertifikat Pembatik Level 1 Tahun 2018
Pada tahap akhir level 1 nanti, peserta harus mengikuti ujian akhir yang bisa diikuti mulai tanggal 26 April - 30 April. Pelaksanaan ujian akhir dilakukan secara daring melalui akun masing-masing. Bisa dilakukan di mana saja, di rumah, sekolah, warung kopi, dan lain-lain, yang penting ada koneksi internet. Waktunya bisa dipilih harinya antara tanggal 26 - 30.

Jika ujian akhir telah diikuti, peserta tinggal menunggu pengumuman apakah lolos atau tidak. Jika tidak lulus, apa boleh buat, peserta tentu tidak bisa naik ke tahap selanjutnya dan tak mendapatkan sertifikat.

Namun jika lolos ke level 2, peserta akan mendapatkan bukti kelulusan berupa sertifikat 32 jam dari pustekkom. Di samping itu, ia juga bisa mengikuti tahap level 2 Implementasi TIK dengan tambahan tugas mengimplementasikan TIK dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran harus divideokan dan diupload di akun masing-masing (*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon