Thursday, March 14, 2019

Pendaftaran Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Tahun 2019

Juara PembaTIK Duta Rumah Belajar Pustekkom

Dalam rangka pengembangan pedagogik dan profesional guru, Pusat Teknologi dan Informasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kembali mengadakan Program Pembelajaran Berbasik TIK (PembaTIK) Tahun 2018. Melalui surat bernomor 1291/12.3/PP/2019 tertanggal 13 Maret 2019 yang ditujukan kepada Kepala Dinas/UPTD/Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Propinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Kepala LPMP seluruh indonesia, Kepala Pustekkom memberitahukan bahwa Program PembaTIK 2019 akan segera dilaksanakan. Untuk itu, beliau meminta agar program tersebut diikuti oleh guru-guru di seluruh indonesia.

Untuk mensosialisasikan laman Rumah Belajar, Pustekkom memang melaksanakan program PembaTIK tiap tahun. PembaTIK dilaksanakan secara daring dan luring mulai dari level 1 hingga level 4. Bagi yang lolos hingga level 4, yang bersangkutan akan dinobatkan sebagai Duta Rumah Belajar yang mewakili masing-masing propisi. Jika tahun 2017, duta rumah belajar terbaik tingkat nasional berasal dari Jawa Timur, tahun 2018 kemarin, Duta Rumah Belajar Terbaik Tingkat Nasional berasal dari Kalimantan Selatan.
Silahkan baca:
Profil Duta Belajar Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2017
Profil Duta Belajar Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018
Duta Rumah Belajar adalah perpanjangan tangan dari Pustekkom untuk melakukan pengembangan dan pendayagunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) untuk pembelajaran di masing-masing provinsi. Tugasnya disamping mensosialisakan laman Rumah Belajar agar bisa dimanfaatkan oleh guru-guru dari seluruh indonesia, Duta Rumah Belajar juga memberikan pengembangan dan pelatihan berbasis TIK untuk guru-guru melalui laman Rumah Belajar.
Baca Juga: Mengenal Rumah Belajar Kemendikbud
Siapa saja yang bisa mengikuti program PembaTIK tahun 2019?

Seperti disampaikan, bahwa Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) adalah untuk guru-guru dari seluruh indonesia. Jadi semua guru bisa mengikuti program ini, dengan syarat telah memiliki masa kerja minimal 1 tahun sebagai guru kelas / guru mata pelajaran. Proses pendaftaran juga dilaksanakan secara online melalui laman http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/. Setelah mendaftar, nantinya guru akan memiliki akun simpatik yang digunakan untuk pelaksanaan diklat secara online. Pendaftaran Program PembaTIK tahun 2019 ini akan dibuka mulai tanggal 18 Maret 2019 s.d. 19 April 2019.

Bagaimanakah Tahapan Pelaksanaannya?

Seperti Tahun 2018, tahapan pelaksanaan program PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) tahun 2019 adalah meliputi 4 level. Adapun kegaiatn masing-masing level sebagai berikut:

Tahap Literasi TIK berupa Bimtek Daring Level 1

Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan registrasi melalui aplikasi Simpatik melalui simpatik.belajar.go.id. Setelah berhasil registrasi, peserta mengikuti kelas bimtek daring pada tool yang telah disediakan. Dalam proses itu, peserta bisa mengunduh modul dan materi pembelajaran untuk dipelajari secara mandiri.

Pada tahap akhir, akan diadakan ujian sertifikasi daring Level 1. Peserta yang lulus pada sesi ini akan mendapatkan sertifikat level 1 dengan alokasi waktu setara 32 jam yang langsung ditandatangani oleh Kepala Pustekkom Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sertifikat akan dikirimkan melalui jasa pos, disamping ada juga sertifikat yang bisa diunduh secara langsung di akun.

Jadwal untuk Level 1 ini mulai tanggal 18 Maret s.d.18 April 2019


Tahap Implementasi TIK berupa Bimtek Daring Level 2
Pada tahap ini, semua peserta level 1 yang  telah mengikuti ujian sertifikasi dan memenuhi nilai yang ditentukan akan dinyatakan lulus sehingga bisa melanjutkan ke level 2. Pada level 2, peserta juga akan mengikuti bimtek daring Level 2 dengan menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Disediakan modul yang bisa dipelajari secara mandiri.

Di samping itu, ada juga tugas untuk membuat bahan ajar berbasis TIK. Pada sesi akhir, dilaksanakan ujian sertifikasi daring Level 2. Bagi peserta yang lulus akan mendapat sertifikat Level 2. Seperti level 1, sertifikat level 2 ini juga 32 jam ditandatangani oleh Kepala Pustekkom Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan dikirimkan melalui jasa pos, disamping ada juga sertifikat yang bisa diunduh secara langsung di akun.

Jadwal untuk Level 2 ini mulai Bulan April s.d. Mei 2019

Tahap Kreasi TIK berupa Bimtek Tatap Muka Level 3
Berbeda dengan level 1 dan level 2, untuk PembaTIK Level 3 ini bimteknya dilaksanakan secara tatap muka. Artinya, dari peserta level 2 yang dinyatakan lulus ketika ujian sertifikasi akan dipanggil ke tingkat provinsi. Pesertanya tentu tidak banyak karena telah mengalami seleksi sebelumnya. Peserta akan ditentukan oleh panitia, berdasarkan surat pengumuman resmi sebanyak 30 peserta. Peserta terpilih akan mengikuti bimtek tatap muka Level 3 di provinsi masing-masing. Pada saat bimtek, mereka harus menyempurnakan bahan ajar dan penugasan. Pada tahap ini, peserta yang lulus mendapatkan sertifikat Level 3.

Jadwal untuk Level 3 ini mulai Bulan Juni – September 2019

Tahap Berbagi TIK berupa Bimtek Tatap Muka Level 4
Level 4 ini merupakan tahap terakhir dalam Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) tahun 2019. Para peserta yang mengikuti Level 4 ini tentunya mereka yang merupakan peserta terbaik saat mengikuti level 3 di provinsi masing-masing. Peserta level 4 akan mengikuti Lokakarya dan Bimtek Level 4 yang akan diadakan secara nasional di Jakarta.

Setiap level bersifat penyisihan. Pada level 4 ini, peserta yang lulus akan dikukuhkan sebagai Duta Rumah Belajar Nasional 2019. Dari sekian duta rumah belajar, tentunya akan dipilih Duta Rumah Belajar Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019

Jadwal untuk Level 4 ini mulai Juni – September 2019

Jadi tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Tahun 2019. Alhamdulillah jika bisa lolos hingga level 4 dan terpilih sebagai Duta Rumah Belajar 2019. Jika tidak, ada banyak ilmu dan pengalaman yang bisa diperoleh, disamping juga ada sertifikat 32 jam lebih dari 1 untuk kenaikan angka kredit bagi yang membutuhkan. Jangan kuatir. Program ini gratis tidak dipungut biaya sama sekali.(*)
Silahkan unduh Surat dari Pustekkom!

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon