Wednesday, March 6, 2019

Pentingnya Website Sekolah Sebagai Sarana Penunjang

Pentingnya Website Sekolah Sebagai Sarana Promosi
Salah satu Contoh Website Sekolah
Pendidikan memang harus berjalan beriringan dengan kemajuan teknologi. Teknologi diciptakan sebagai buah dari hasil pendidikan. Jadi, sudah sangat wajar jika sekolah memakai produk teknologi untuk mengembangkan sekolah, baik dari kualitas siswa, guru, serta untuk membangun komunikasi intensif dengan orang tua.

Website sekolah adalah salah-satu produk teknologi yang harusnya digunakan oleh sekolah untuk kegiatan pembelajaran. Sangat banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari pengadaan website untuk sekolah. Berikut beberapa alasan mengapa sebuah sekolah harus mempunyai website sebagai sarana penunjang:

Media Informasi

Penyampaian informasi dengan cara online memang selalu lebih cepat jika dibandingkan dengan penyampaian informasi dengan cara offline. Hal ini seiring dengan teknologi smartphone yang bisa mengakses informasi secara online dengan sangat cepat. Itulah sebabnya, kehadiran website sekolah dapat menjadi media informasi yang sangat efisien.

Tujuan penyampaian informasi yang dimaksud tidak hanya untuk siswa, namun juga untuk orang tua siswa. Artinya, dalam satu website bisa dikondisikan boleh diakses secara umum oleh siapapun pengguna, maupun diakses secara khusus oleh warga sekolah, baik guru, siswa, maupun orang tua siswa dengan terlebih dahulu login menggunakan username dan sandi. Hal ini diperlukan jika informasi yang disampaikan berupa informasi internal yang tidak bersifat publik.

Selain itu, manfaat bagi orang tua tentunya akan sangat mudah dalam memilih sekolah yang cocok untuk anaknya kelak. Melalui informasi yang disajikan melalui website sekolah, maka orang tua akan mengetahui sejarah sekolah tersebut, visi misi, prestasi, dan sebagainya. Manfaat bagi siswa sendiri pastinya juga sangat banyak. Selain memperkenalkan dan membiasakan pemakaian produk teknologi berbasis web, siswa juga mempunyai sumber informasi yang tepat untuk mengakses nilai hasil ujian, jadwal ujian, dan sebagainya. Website dapat berisi banyak informasi yang bermanfaat untuk siswa, baik untuk keperluan pendidikan formal, serta untuk pengembangan diri.

Media Aktualisasi Diri

Website bisa berperan sebagai media penerbitan berbagai konten yang bisa dilihat oleh banyak orang. Kondisi inilah yang dapat dijadikan sebagai ajang untuk aktualisasi diri bagi guru, dan para siswa yang berbakat. Misalnya, website sekolah menyediakan ruang khusus untuk menampilkan karya siswa maupun guru baik berupa artikel, cerpen, resensi buku, esai dan lainnya.

Artinya, website sekolah dapat berperan seperti layaknya majalah dinding. Siswa dapat menuliskan banyak hal sebagai bentuk aktualisasi diri. Selain itu, website juga dapat menampilkan galeri untuk menyimpan berbagai macam foto dan video kegiatan sekolah. Misalnya, foto terkait moment menarik seperti ketika sekolah menjuarai event tertentu, kegiatan pelepasan siswa, penerimaan siswa baru, juga kegiatan lainnya. Website dapat menjadi arsip yang dapat diakses kapan saja dan juga dimana saja.

Media Promosi Sekolah


Tak dimungkiri, setiap tahun selalu ada penambahan sekolah baru, baik sekolah swasta ataupun sekolah negeri. Tujuannya agar anak indonesia tersentuh oleh pendidikan formal, terutama di daerah-daerah tertentu. Akan tetapi, kian bertambahnya sekolah ternyata menimbulkan dampak tersendiri, terutama tingkat persaingan antar lembaga yang semakin ketat dalam menerima siswa baru.

Bagi sekolah yang difavoritkan, tentu tak ada masalah dengan hal itu, karena calon siswa justru berlomba-lomba untuk mendaftar di sekolah tersebut. Berbeda halnya dengan sekolah biasa, untuk memperoleh calon siswa, sekolah perlu melakukan promosi pada masyarakat. Dalam hal inilah, media promosi yang baik dan efektif ialah website sekolah. Masyarakat modern pastinya akan lebih senang mengakses informasi dengan online.

Memang, banyak manfaat positif yang bisa diambil dari website sekolah jika dikelola dengan benar. Ironisnya, ternyata sampai saat ini belum semua sekolah mempunyai website sendiri. Berbagai bantuan sarana TIK dari pemerintah, bahkan di alokasi dana khusus pada bantuan operasional sekolah sudah diberikan sebagai alat pancing. Namun, masih banyak sekolah yang belum memanfaatkan hal tersebut. Padahal, sebagai sebagai pendidik kita mesti ingat, bahwa teknologi diciptakan sebagai buah dari hasil pendidikan. Jadi, sudah seharusnya jika guru sebagai agen perubahan mencoba memanfaatkannya dengan membangun sebuah website sekolah yang berkualitas.(*)

*)Digunting dari Buku Mengenal Sekolah Melalui Website
Penulis Deni Ranoptri

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon