Friday, March 15, 2019

Windows 7 Menjelang Ajal, Segera Migrasi ke Windows 10

Penggunaan Windows 7 Segera Berakhir

Perkembangan teknologi memang tak mungkin dinafikan. Produk-produk teknologi semacam laptop, gawai, tablet, dan semacamnya bukan lagi barang mewah. Saat ini, hampir semua kalangan memiliki piranti itu. Apalagi yang bekerja sebagai guru atau tenaga kependidikan, kepemilikan laptop menjadi satu kewajiban untuk memudahkan dalam menjalankan tugas dan aktifitas. Apalagi guru yang mendapat tugas tambahan sebagai operator, bersentuhan dengan laptop adalah aktifitas yang tak mungkin ditinggalkan.

Beberapa waktu lalu saat diluncurkan aplikasi dapodik 2019 c, banyak operator sekolah yang mengalami permasalahan akibat software yang tidak kompatible. Dalam juknis memang disebutkan, aplikasi yang dibutuhkan untuk dapodik 2019 c adalah windows 10, bukan windows 7. Windows 7 bukan tak bisa digunakan, tapi harus melakukan update dan tentu saja bikin ribet.
baca juga: Mengatasai Gagal Instal Dapodik 2019 c di Windows 7
Pertanyaannya, mengapa harus demikian?

Tahukah Anda, bahwa usia windows 7 sudah menjelang ajal. Microsoft selaku perusahaan raksasa milik Bill Gates telah menjadwalkan hari kematian windows 7. Tanggal sudah ditentukan, yaitu pada tanggal 14 Januari 2020 tahun depan, dikutip dari The Verge pada Rabu (15/3/2019).

Lantas bagaimana pengguna yang nantinya masih mempertahankan windows 7?

Bagi yang masih menggunakan Windows 7, nantinya pengguna sudah tidak bisa lagi mendapatkan fasilitas untuk melakukan update Microsoft Office 2010. Solusi dari microsoft, pengguna dapat memanfaatkan Office 365, sebuah aplikasi office berbasis online.

Dituturkan oleh pihak windows, bahwa mulai bulan depan akan muncul pemberitahuan untuk melakukan migrasi ke Windows 10 di PC Windows 7. Pemberitahuan itu tidak hanya sekali, tapi berkali-kali muncul notifikasi serupa. Hanya saja jangka waktunya tak disebutkan secara rinci.
Yang jelas, pemberitahuan itu hanya akan ditampilkan beberapa kali selama 2019, dan berakhir setelah dukungan Windows 7 berakhir pada Januari 2020.

Windows 7 dimatikan, karena Windows 10 yang merupakan aplikasi terbaru dari microsoft telah melampaui target pasar. Pada awal tahun 2019, Windows 10 telah berjalan di lebih dari 800 juta perangkat. Angka itu semakin mendekati target perusahaan yang mematok hingga 1 miliar perangkat terpasang Windows 10 di seluruh dunia.

Jadi bagaimana? Masih mau mempertahankan Windows 7 di komputer Anda?(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon