Wednesday, April 3, 2019

Cara Cepat Cek Info GTK Tanpa Username dan Password

Cara Cepat Cek Info GTK Terbaru

Memasuki bulan April Semester Dua Tahun Pelajaran 2018/2019, Info GTK mulai dibuka. Info GTK berfungsi untuk melihat kevalidan data PTK di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang diinput melalui aplikasi Dapodik. Untuk membuka data info GTK, ada beberapa cara yang dapat digunakan, yaitu dengan menggunakan NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan yang sudah memiliki NUPTK. Sedangkan untuk guru yang belum memiliki NUPTK atau NUPTK tidak valid, cara membuka info GTK dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Yang bertugas melalukan cek kevalidan data di Info GTK sesungguhnya adalah tugas masing-masing PTK. Pada semester ini akan dilakukan uji coba login info GTK dengan menggunakan userid dan password PTK yang telah dientrikan sebelumnya di aplikasi Dapodik. Untuk mendapatkan acount atau userid dan password PTK, tentu saja PTK harus menghubungi Operator Sekolah di sekolah masing-masing.

Dalam kenyataannya, banyak PTK yang belum memiliki kesadaran untuk membuka Info GTK secara mandiri. Mereka lebih memilih meminta bantuan kepada Operator Sekolah. Untuk itulah, demi meringankan tugas Operator Sekolah agar tidak melakukan cek Info GTK dengan menggunakan userid dan password masing-masing PTK satu per satu, berikut ini ada cara cepat melakukan cek info GTK tanpa menggunakan Userid dan Password masing-masing PTK.

Caranya, silahkan buka manajemen data dapodik di http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id. hingga muncul seperti gambar berikut:
Cara Cepat Cek Info GTK terbaru

Jika sudah muncul seperti gambar di atas, silahkan masukkan Username dan Password menggunakan Username dan Password DAPODIK. Kemudian klik Kelola Data Sekolah. Tunggu beberapa saat hingga muncul seperti gambar di bawah ini:
Cara Cepat Cek Info GTK terbaru

Selanjutnya akan muncul informasi akun milik sekolah masing-masing. Langkah selanjutnya klik Kelola Data Pokok. Tunggu beberapa saat hingga muncul seperti gambar di bawah ini:
Cara Cepat Cek Info GTK terbaru

Langkah selanjutnya Klik Guru dan Tendik hingga muncul nama-nama guru dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah seperti gambar berikut:
Cara Cepat Cek Info GTK terbaru

Scroll ke bawah, kemudian geser tab ke sebelah kanan seperti gambar berikut:
Cara Cepat Cek Info GTK terbaru

Langkah selanjutnya, pilih nama-nama guru yang akan di cek Info GTKnya. Kemudian klik kotak warna hijau di sebelah kanan seperti pada gambar. Tunggu beberapa saat hingga muncul seperti gambar berikut:
Cara Cepat Cek Info GTK terbaru

Jika gambar di atas sudah muncul, silahkan klik pada Info GTK dengan kotak warna hijau seperti pada gambar. Tunggu beberapa saat, jika tak ada kendala, maka Info GTK akan muncul dengan keterangannya Valid/Belum Valid seperti gambar berikut:
Cara Cepat Cek Info GTK terbaru

Jika Info GTK sudah Valid, maka tinggal menunggu tahap selanjutnya yaitu diusulkan oleh Operator Tunjangan Kabupaten aga bisa diterbitkan SKTP-nya. Namun jika Belum Valid, cek permasalahan yang menyebabkan belum valid, segera perbaiki datanya melalui aplikasi Dapodik. Jika sudah dibetulkan, silahkan sinkron. 

Yang perlu diperhatikan, data perbaikan yang telah disingkron membutuhkan waktu untuk diambil oleh admin pusat, sehingga di Info GTK tak bisa langsung berubah. Untuk cek Info GTK guru lainnya, silahkan ulangi cara di atas dengan memilih nama guru yang diinginkan. 

Demikian info tentang Cara Cepat melakukan Cek Info GTK tanpa menggunakan Username dan Password. Semoga bisa membantu.(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon