Monday, April 1, 2019

Ikuti Lomba Aplikasi Mobile KIHAJAR 2019


Untuk memberikan apresiasi pada berbagai pihak yang mampu berkontribusi dalam pengembangan aplikasi mobile edukasi dan pemanfaatannya dalam pendidikan, maka Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019. Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019 merupakan lomba Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang mengandung unsur pendidikan yang bisa dijalankan di smartphone atau tablet.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019 merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemendikbud. Diharapkan dari kegiatan ini, program-program BPMPK dapat dikenal dan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh insan pendidikan, serta dinikmati oleh sekolah maupun seluruh stakeholder pendidikan khususnya pengguna mobile edukasi.

Pelaksanaan kegiatan lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019 ini dibagi dalam 5 tahapan, dimulai dari Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya, Grand Final/Penjurian dan Penyerahan hadiah. Sedangkan kategorinya ada 4, yaitu:
  • Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya, 
  • Kategori Guru bertema mata pelajaran, 
  • Kategori Umum bertema V-Lab, dan 
  • Kategori Umum bertema Game Edukasi.
Tahap sosialisasi Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019 telah dimulai sejak bulan Februari-Maret 2019. Saat ini, telah masuk pada tahap kedua yaitu, pendaftaran dan pengumpulan karya dimulai tanggal 1 April - 1 Agustus 2019. Tahap ini bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Pendaftaran Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019 dilakukan secara online, peserta lomba wajib mendaftar secara resmi dan mengumpulkan karya dengan cara mengunggah (upload) karya di website resmi lomba di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.

Untuk tahap seleksi dilaksanakan bulan Agustus 2019. Tahapan seleksi nominasi dilakukan untuk menentukan karya terbaik yang layak masuk babak selanjutnya. Proses seleksi nominasi ini dilakukan dengan cara mencoba langsung karya yang dinilai melalui tablet atau smartphone.
Rundown Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019
Dalam seleksi nominasi ini, akan dipilih 30 peserta per kategori dengan karya terbaik yang diakui sebagai kontributor konten. Kemudian dari 30 peserta tersebut akan diambil 10 besar sebagai finalis yang akan diundang untuk masuk ke babak Penjurian (Grand Final). 

Peserta yang maju ke babak penjurian adalah 10 peserta ketegori Pelajar, 10 peserta kategori Guru. 10 peserta kategori Umum V-lab, dan 10 peserta kategori Umum Games Edukasi. Seluruh finalis tersebut akan dihubungi oleh panitia untuk mengkonfirmasi kesediaannya mengikuti acara Grandfinal/Penjurian yang akan diadakan di Semarang. 

Yang perlu diperhatikan oleh peserta adalah email dan nomor telpon harus dipastikan aktif. Sebab, jika peserta tidak bisa dihubungi dengan alasan apapun, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri dan akan di ganti dengan peserta di rangking berikutnya.  Semua peserta yang karyanya terpilih akan diumumkan di web resmi lomba. Peserta terpilih tersebut wajib memberikan konfirmasi kesediaan mengikuti tahap selanjutnya, yaitu grand final atau penjurian.

Tahap utama Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019 ini adalah Penjurian/grand final yang akan dilaksanakan pada bulan September 2019. Dalam tahap ini,  40 nominator yang terseleksi, yakni 10 karya masing-masing kategori akan diundang untuk mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri. Hasil akhir penilaian dari tahapan utama lomba ini adalah mendapatkan juara 1, 2 dan 3 untuk masing masing kategori.

Bagi peserta yang terpilih sebagai juara, akan diundang pada Malam Anugrah Kihajar yang dilaksanakan pada Bulan Oktober 2019. Untuk Juara 1 masing-masing kategori akan menerima hadiah secara langsung dari mendikbud di Jakarta. Seluruh biaya tranportasi dari tempat asal hingga sampai ke Jakarta (pulang pergi) dan akomodasi selama ada di Jakarta ditanggung Kemdikbud. Sedangkan hadiah untuk pemenang lainnya akan diserahkan di Semarang pada akhir acara Grand Final Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019. 

Total hadiah yang disediakan untuk Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019 untuk semua kategori kurang lebih Rp. 408.000.000,- Adapun rincian hadiah seperti gambar di bawah ini:
Hadiah Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019
Bagi Anda yang ingin mengikuti Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2019, Silahkan mendaftarkan diri di website secara langsung dan mengikuti seluruh tahapan lomba. Siapa tahu, Anda yang akan menjadi juaranya.(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon