Thursday, April 18, 2019

Kemdikbud Gelar Lomba Jurnalistik, Blog, dan Vlog Pendidikan Keluarga Tahun 2019

Lomba Jurnalistik, Blog, dan Vlog Pendidikan Keluarga
Lomba Jurnalistik, Blog, dan Vlog Pendidikan Keluarga Tahun 2019
Salah satu program yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menguatkan pendidikan keluarga adalah menumbuhkan budaya literasi melalui Gerakan Literasi Keluarga (GLK), yang merupakan bagian dari Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Untuk menumbuhkan budaya literasi di lingkungan keluarga, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kembali melaksanakan lomba untuk penguatan pendidikan keluarga. Tahun 2019 ini, lomba yang diselenggarakan adalah Lomba Jurnalistik, Lomba Blog, dan Lomba Vlog Pendidikan Keluarga Tahun 2019.

Lomba Pendidikan Keluarga 2019

Untuk mengetahui bagaimana teknis pelaksanaan Lomba Jurnalistik, Blok, dan Vlog Pendidikan Keluarga Tahun 2019, silahkan dibaca pada tautan di bawah ini:


Budaya Literasi Keluarga

Seperti diketahui, ruh literasi berupa membaca dan menulis adalah aktivitas penting dalam kehidupan. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi ini. Oleh karenanya, budaya literasi keluarga yang tertanam sejak dini dalam kehidupan anak akan memengaruhi tingkat keberhasilannya kelak, baik ketika di sekolah, maupun dalam kehidupan bermasyarakat. 

Untuk menumbuhkembangkan budaya literasi masyarakat, pintu masuknya bisa diawali dengan menyediakan bahan-bahan bacaan bermutu untuk meningkatkan minat membaca anak-anak. Hal ini bisa mulai dari lingkungan keluarga, sekaligus sebagai upaya untuk menumbuhkan budi pekerti. Dengan meningkatnya minat baca seorang anak, didukung bahan bacaan yang bermutu dan terjangkau, tentu akan mendorong pembiasaan literasi baca tulis. Dalam skala lebih jauh, kebiasaan itu akan terbawa oleh anak baik ketika di sekolah maupun dalam kehidupan masyarakat. 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menggelorakan Gerakan Literasi Nasional (GLN) Sejak tahun 2016. Gerakan tersebut merupakan implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. GLN diharapkan menjadi pendukung keluarga, sekolah, dan masyarakat mulai dari perkotaan sampai ke wilayah terjauh untuk berperan aktif dalam menumbuhkan budaya literasi. 

Terkait itulah, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki kepentingan untuk menyebarluaskan informasi program Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga kepada masyarakat agar dapat diimplementasikan oleh keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat dalam mendukung pengembangan kemampuan literasi pada anak.

Silahkan berpartisipasi dalam lomba tersebut. Jika masuk nominasi, karya Anda tentu akan berguna bagi insan pendidikan di seluruh Indonesia.(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon