Tuesday, April 23, 2019

Lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif BNPT 2019

Lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif BNPT 2019
Lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif BNPT 2019
Untuk mencegah paham terorisme dan radikalisme yang semakin meningkat di Tanah Air, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berusaha untuk terus menggelorakannya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyelenggarakan Lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif: “Harmoni dari Sekolah”.

Di Jawa Timur, kegiatan yang digelar BNPT melalui Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Jatim itu bekerjasama dengan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII), dikhususkan bagi Guru TK/PAUD dan Guru Materi Pendidikan Agama mulai dari SD/MI, SMP/MTS, dan sederajat. Tema yang diusung dalam pelaksanaan lomba adalah Integrasi Nilai-nilai Agama dan Budaya di Sekolah dalam Menumbuhkan Harmoni Kebangsaan.

Informasi dari BNPT yang diperoleh Admin melalui Ketua AGPAII Jatim, hingga berita ini ditulis, peserta dari Jawa Timur yang mengikuti lomba ini masih sangat minim. Rencananya, naskah lomba yang dikirimkan peserta akan diseleksi pertengahan Mei 2019 di Mojokerto Jawa Timur. Peserta yang telah mengirimkan naskah akan diundang dalam sebuah pertemuan untuk melakukan presentasi naskah lomba.

Bagaimana Mekanisme Pelaksanaan Lomba?

Ketentuan Lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif BNPT 2019
Ketentuan Pelaksanaan Lomba
Tema Lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif  "Harmoni Sekolah" BNPT adalah: "Integrasi Nilai-nilai Agama dan Budaya di Sekolah dalam Menumbuhkan Harmoni Kebangsaan"

Sedangkan Sub Temanya adalah:
  1. Kebangsaan
  2. Keragaman
  3. Kearifan Lokal
  4. Toleransi
  5. Damai Itu Indah
  6. Cinta Tanah Air
  7. Tabayyun (Melawan Hoax)

Ketentuan Peserta

Ketentuan peserta Lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif  "Harmoni Sekolah" BNPT adalah sebagai berikut:
  1. Peserta adalah Guru TK/PAUD, Guru Mata Pelajaran Agama SD/MI, SMP/MTS, dan sederajat.
  2. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah tempat bertugas.
  3. Melampirkan Biodata peserta.
  4. Peserta diperkenankan mengirimkan maksimal 2 (dua) naskah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan ketentuan 1 (satu) naskah untuk satu kali pertemuan di kelas, dengan Materi Pendidikan Agama Kurikulum 2013, beserta media pembelajarannya.
  5. Membuat Video Pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah dibuat dengan durasi maksimal 5 menit. Video diunggah di Youtube dengan menuliskan subyek #harmonidarisekolah-Nama Peserta-Nama Sekolah.

Ketentuan Naskah

Adapun ketentuan naskah sebagai berikut:
  1. Naskah RPP diketik di kertas A4, Font Arial, Ukuran Huruf 12, dengan spasi 1,5.
  2. Margin 4:3 (atas bawah) dan 4:3 (kiri kanan).
  3. Panjang naskah minimal 10.000 karakter dan maksimal 12.000 karakter.

Ketentuan Pengiriman

Naskah dikirimkan melalui email ke agamabudayabnpt@gmail.com mulai tanggal 22 Februari 2019 hingga 15 Nopember 2019. Penjurian dilaksnakan mulai tanggal 19-22 dan 26-29 Nopember 2019 dengan kriteria penilaian sebagai berikut:
1. Naskah RPP
  • Orisinalitas
  • Muatan Materi
  • Kreatifitas Guru
  • Inspiratif
2. Video Pembelajaran
  • Durasi Waktu
  • Kesesuaian dengan Naskah RPP
  • Orisinalitas
  • Muatan Materi
  • Kreatifitas Guru
  • Inspiratif

Penghargaan

Penghargaan yang diberikan dalam Lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif  "Harmoni Sekolah" BNPT adalah uang tunai dengan total hadiah sebesar 64,5 Juta.

Jadi tunggu apa lagi, segera kirimkan karya terbaikmu untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam lomba Penulisan Desain Pembelajaran Inspiratif  "Harmoni Sekolah" BNPT Tahun 2019. Mari berkreasi dalam pembelajaran untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama dan budaya di sekolah guna menumbuhkan harmoni kebangsaan tentang gerakan pencegahan paham terorisme dalam tulisan.

Guru Mulia Karena Karya.(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon