Friday, April 19, 2019

Ujian PembaTIK Level 1 Duta Rumah Belajar, Apa Yang Harus Dipersiapkan?

Seleksi Duta Rumah Belajar Level 1
Pelaksanaan Seleksi Rumah Belajar 2019 Level 1
Bagaimana kabarnya sahabat Komunitas Ngopi? Di tengah hiruk pikuknya pemilihan presiden tanggal 17 April 2019 kemarin, semoga semua baik-baik saja. Meskipun ada pilihan perbedaan, semoga masih ada kopi di antara kita.

Sahabat Kompi, selepas 17 April, bagi Anda yang mengikuti postingan blog Komunitas Ngopi, tentunya masih ingat dengan PembaTIK, yaitu Pembelajaran Berbasik TIK yang diselenggarakan oleh Pustekkom untuk Pemilihan Duta Rumah Belajar Tahun 2019. Untuk sekedar mengingat apa itu PembaTIK. silahkan baca artikel sebelumnya di Pendaftaran Program Pembelajaran Berbasis TIK Tahun 2019.

Pendaftaran PembaTIK telah Ditutup

PembaTIK adalah pembelajaran berbasis TIK untuk Pemilihan Duta Rumah Belajar Tahun 2019. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel di atas, Pemilihan Duta Rumah Belajar Tahun 2019 dilakukan melalui 4 level. Masing-masing level memiliki kegiatan dan jadwal yang berbeda-beda mulai dari Tahap Literasi hingga Berbagi TIK. 

Bagi yang sudah melakukan pendaftaran Duta Rumah Belajar 2019, otomatis, ia akan masuk sebagai peserta Bimtek Daring Level 1 program Pemilihan Duta Rumah Belajar 2019. Bimtek daring Level 1 adalah tahap literasi, seluruh kegiatannya dilakukan secara daring atau online. Jadwal pendaftaran Level 1 ini selama satu bulan, yaitu mulai tanggal 18 Maret - 18 April 2019. Artinya, selepas pemilihan presiden 17 April kemarin, pendaftaran program PembaTIK dalam pemilihan Duta Rumah Belajar 2019 telah ditutup.
Jadwal Pembatik 2019 level 1
Jadwal PembaTIK Duta Rumah Belajar 2019 Level 1
Selamat bagi yang telah berhasil melakukan pendaftaran. Bagi yang ketinggalan info sehingga belum melakukan pendaftaran Duta Rumah Belajar 2019, masih ada kesempatan mengikuti program serupa tahun depan.

Persiapan Ujian Level 1 Duta Rumah Belajar 2019

Setelah pendaftaran ditutup tanggal 18 April 2019, peserta yang telah masuk sebagai peserta Bimtek daring PembaTIK Level 1 segera bersiap-siap untuk melaksanakan ujian akhir atau post test. Sesuai dengan yang dicantumkan di akun masing-masing peserta, Kegiatan Post Test atau ujian akhir level 1 dilaksanakan secara online mulai tanggal 26 April - 30 April 2019.

Perlu diketahui, tanggal tersebut merupakan rentang waktu. Tidak berarti bahwa peserta akan melakukan ujian online selama 5 hari, mulai tanggal 26 - 30 April 2019. Tapi peserta akan mengerjakan sehari sesuai jadwal yang ditentukan. Kabar terakhir, ujian level 1 direncanakan dilaksanakan per wilayah. Informasi resmi tentu harus menunggu pengumuman resmi dari pihak pustekkom.

Hal-hal yang perlu diperhatikan terkait post test atau ujian evel 1:

  1. Soal berbentuk pilihan ganda dengan option A hingga D dengan jumlah soal sebanyak 40 buah.
  2. Materi soal diambil dari modul 1 hingga modul 4 dengan durasi waktu pengerjaan selama 60 menit.
  3. Soal dengan tingkat kognitif C1 hingga C3 dan memiliki tingkat kesukaran mudah hingga sedang.
  4. Ujian hanya dapat dilaksanakan 1 (satu) kali pada rentang tanggal ujian yang ditentukan. Jadi diharapkan peserta ujian dapat menyediakan koneksi internet yang stabil.


Apa yang Harus Dipersiapkan?

Saat melakukan pendaftaran Level 1, di sana sudah disediakan modul yang bisa diunduh. Tidak boleh tidak, peserta harus mempelajari secara mandiri modul yang telah di berikan. Ada 4 (empat) modul yang harus dipelajari, yaitu:
  • Modul 1 berupa Portal RUMAH BELAJAR untuk Pembelajaran
  • Modul 2 berupa Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar
  • Modul 3 berupa Pengenalan Perangkat TIK Dasar
  • Modul 4 berupa Pengenalan Internet
Sekali lagi, tidak boleh tidak, peserta Bimtek Level 1 harus mempelajarai seluruh modul tersebut untuk persiapan ujian level 1. Soal-soal ujian level 1 tentu tidak akan keluar dari materi-materi dalam modul yang telah diberikan.

Tips Sukses Ujian Level 1 Duta Rumah Belajar 2019

Bagi peserta yang telah mengikuti kegiatan Level 1 Pemilihan Duta Rumah Belajar 2019 melalui program PembaTIK, tentu berharap bisa lulus agar bisa mengikuti Bimtek Daring Level 2 untuk Implementasi TIK. Di samping itu, jika lulus pada kegiatan Bimtek Daring Level 1, peserta akan memperoleh sertifikat 32 jam yang ditandatangai Kepala Pustekkom. Lumayan bukan, bagi yang membutuhkan untuk kenaikan pangkat. hehe... 

Berikut ini kiat-kiat yang harus dilakukan agar bisa lulus ujian level 1:
  1. Pilihlah jadwal ujian yang tepat antara tanggal 26 - 30 April 2019, agar tidak berbenturan dengan jadwal kegiatan kita sebelumnya. 
  2. Jika jadwal ujian sudah ditentukan, persiapkan segala sesuatunya, terutama kuota internet yang kita miliki. Jangan sampai ketika ujian online berlangsung, paket data kita ternyata habis. Memilih warung kopi yang dilengkapi wifi juga lebih oke, bisa ujian ditemani secangkir kopi. wkwk...
  3. Agar leluasa dalam membaca soal-soal ujian, gunakan laptop. Menggunakan Android tidak masalah sebenarnya, bergantung pada kebiasaan dan kenyamanan masing-masing peserta.
  4. Sebelum ujian online dilaksanakan, pastikan sudah buang air kecil dan tidak makan obat pencahar agar ketika ujian berlangsung tidak bolak-balik ke kamar kecil. 
  5. Jika memungkinkan, print out semua modul, pelajari sebaik-baiknya agar peserta betul-betul siap berangkat ke medan perang. Tidak disarankan untuk ngerpek, karena ketika bapak/ibu guru di sekolah selalu melarang anak-anak untuk mencontek.
  6. Pastikan tidak ada gangguan dari anak-anak atau pasangan jika memilih melaksanakan ujian online level 1 di rumah. Sebab jika tombol mulai sudah ditekan, waktu akan terus berjalan. Apa jadinya jika ujian berlangsung, anak-anak minta jalan-jalan, atau istri minta diantar ke swalayan. hihi...
  7. Kerjakan sebaik-baiknya dengan baca bismillah, jangan sampai ada soal yang terlewat untuk di jawab. Yakinlah pasti bisa mengerjakan, karena soalnya tidak sesusah yang dibayangkan.
  8. Jika sudah selesai, sudah yakin dengan jawaban, dipastikan semua soal telah dijawab segera akhiri ujian online. Siapa tahu, jika ditemukan nilai yang sama, yang terpilih adalah peserta dengan waktu pengerjaan tercepat.
Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk kegiatan ujian akhir atau post test Bimtek Daring Level 1. Semoga semuanya lulus level 1 sehingga bisa mengikuti tahap selanjutnya Bimtek Daring Level 2 dalam Pemilihan Duta Rumah Belajar 2019 oleh Pustekkom melalui Program Pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK).(*) 

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon