Monday, April 22, 2019

Tutorial Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android

Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dari Powerpoint
Pembuatan Aplikasi Pembelajaran dari Powerpoint yang dibuat Pak Subakri, Guru dari Lumajang
Perkembangan teknologi tak mungkin dielakkan. Teknologi akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Salah-satu produk teknologi yang marak saat ini adalah gawai atau smartphone. Gawai adalah perangkat elektronik yang memiliki berbagai kemampuan canggih. Beragam fitur ditawarkan membuat perangkat itu tak hanya sekedar berfungsi sebagai alat komunikasi. Semakin canggih gawai akan memiliki kemampuan lebih sehingga memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Ketika mengikuti Workshop Penulisan Jurnal Guru Dikdas Berprestasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar di Surabaya (21/08/2017), pernyataan menarik dilontarkan oleh mantan Dirjen GTK, Sumarna Surapranata, Ph.D.  Di tengah kontroversi pemakaian gawai bagi siswa di sekolah, mantan dirjen tersebut justru menganjurkan agar siswa tidak dilarang. Apa pasalnya?

Gawai adalah alat. Alat layaknya diperalat. Guru seyogyanya memanfaatkan alat tersebut untuk inovasi pembelajaran. Simulasi sederhana dilakukan, sebuah kata kunci diketikkan melalui search engine google. Dalam hitungan detik, apa yang dibutuhkan ditampilkan. Bukankah disayangkan jika hal tersebut tidak dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran?

Tentang akibat negatif yang ditimbulkan, itu sudah pasti ada. Tapi akan lebih hebat jika guru mampu menjadikan tantangan itu sebagai peluang. Tugas guru adalah memberikan pendidikan kepada siswa bagaimana menggunakan gawai agar bermanfaat dalam kehidupan. 

Saat ini, zaman kabarnya sedang menuju pada era revolusi industri 4.0. Berbagai aplikasi pembelajaran bisa dengan mudah didapatkan melalui internet. Sayangnya, jika guru unduh aplikasi pembelajaran dan hanya terima jadi, aplikasi tersebut kadang tak sesuai dengan yang dibutuhkan. Idealnya, guru bisa membuat aplikasi pembelajaran sendiri sehingga konten yang dibuat bisa disesuaikan dengan karakter siswa.

Di masa lalu, ketika ketika guru ingin menerapkan pembelajaran berbasis android, kesulitan utama adalah pembuatan media yang membutuhkan ketrampilan khusus. Apalagi, sebagian besar guru tidak memiliki latar belakang ICT, sehingga sama sekali tak menguasai bahasa pemrograman. Namun sekarang, untuk membuat aplikasi pembelajaran berbasis android (apk), guru bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Powerpoint, sebuah program dari microsoft yang sudah sangat familiar di kalangan para guru. 

Berikut ini, tutorial sederhana pembuatan aplikasi berbasis android dengan menggunakan powerpoint. Tutorial ini dibahasakan ulang dari makalah yang ditulis oleh Eko Subagijo, S.Pd, yang disampaikan pada acara workshop pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis android untuk guru-guru SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogjakarta.

Membuat Aplikasi Berbasis Android dengan Powerpoint

Dalam membuat aplikasi pembelajaran berbasis Android, ada beberapa program yang dibutuhkan, diantaranya sebagai berikut: 
  1. Microsoft Power Point 
  2. Converter Power Point ke HTML 5 dengan Ispring Suite 8 
  3. Converter HTML 5 ke APK dengan Website 2 APK Builder Pro
Untuk program nomor 1, semua guru pasti telah memilikinya, karena powerpoint adalah produk microsoft office. Jadi, jika di komputer atau laptop sudah terinstall program microsoft word, secara otomatis, program powerpoint juga terinstall. Untuk program nomor 2 dan 3, jika belum terinstal di komputer, silahkan browsing dan unduh melalui internet.

Langkah-langkah Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android

Silahkan membuat aplikasi pembelajaran berbasis android dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Membuat folder penyimpanan untuk menampung hasil proyek yang akan dibuat. Kita akan membuat folder penyimpanan di Drive D:\. 
Langkah-langkahnya adalah:  
a. Masuklah ke Window Explorer dan pilih Drive D:\.  
b. Buatlah sebuah folder dengan cara Klik Kanan > New > New Folder.  
c. Berikan nama folder dengan nama Aplikasiku, atau sesuai selera.  
d. Folder telah berhasil dibuat.

2. Membuat aplikasi pembelajaran dari powerpoint. 
Pada langkah ini, kita akan mulai menjalankan program microsoft powerpoint. Bukalah program powerpoint hingga muncul blank slide.
a.  Mengatur Page Setup  
     Pilih bagian Design, lalu pilih Slide Size >> Custom Slide Size.
Tutorial Pembuatan Aplikasi Android dari Powerpoint
Gambar 1
b. Pilih slide size for: On-Screen Show (16:9)
c. Pilihan pengaturan orientasi slide ke Portrait atau Landscape (kali  ini kita pilih portrait).  
d. Klik OK.  
e. Pilih Ensure Fit.
Pembuatan Aplikasi Berbasis Android dari Powerpoint
Gambar 2
f. Membuat slide pertama untuk Slide Opening seperti gambar di bawah ini.
Gambar 3
g. Membuat slide 2 untuk membuat slide menu seperti gambar di bawah ini:
Tutorial Pembuatan Aplikasi Berbasis Android dari Powerpoint
Gambar 4
h. Membuat slide 3 untuk membuat Slide KI-KD dan memberi memberi Action pada Tombol Menu.
i. Mencopy slide 3 sebanyak lima kali untuk slide 4 (Slide Materi), Slide 5 (Slide Evaluasi), Slide 6 (Slide Daftar Pustaka), Slide 7 (Slide Petunjuk) dan Slide 8 (Slide Pengembang).
j. Memberi Action pada tombol Masuk pada slide 1,  jika tombol masuk  ditekan, maka akan ke Slide 2 (Slide Menu).
k. Memberi Action slide 3 pada Tombol KI-KD, jika Tombol KI-KD ditekan, maka akan menuju ke Slide KI-KD.
l. Langkah di atas diulang untuk
  • Tombol Materi ke Slide Materi 
  • Tombol Evaluasi ke Slide Evaluasi 
  • Tombol Daftar Pustaka ke Slide Daftar Pustaka 
  • Tombol Petunjuk Penggunaan ke Slide Petunjuk Penggunaan 
  • Tombol Pengembang ke Slide Pengembang 
m. Langkah selanjutnya adalah mencoba file powerpoint yang telah dibuat, apakah aplikasi tersebut sudah berjalan dengan baik atau belum. Caranya dengan mengklik: Slide Show >> From Beginning atau langsung tekan F5.
n. Langkah berikutnya, isilah slide-slide yang telah dibuat tersebut sesuai dengan konten yang direncanakan.

3. Mengubah File Powerpoint menjadi HTML5  
Setelah aplikasi pembelajaran selesai dibuat dengan powerpoint. Langkah selanjutnya adalah melalukan konversi file presentasi powerpoint menjadi bentuk HTML5. Proses ini membutuhkan software tambahan. Ada banyak software yang bisa digunakan, diantaranya Slide Go, iSpring, atau software lainnya. Kali ini, software yang kita gunakan adalah iSpring.

Langkah-langkah mengkonversi file powerpoint menjadi HTML 5 menggunakan iSpring:
a. Install software iSpring yang telah dipersiapkan sebelumnya.
b. Jika proses penginstalan berhasil, maka pada tab menu powerpoint akan muncul menu baru bernama iSpring Suite 8 setelah menu View. Perhatikan gambar berikut:
Tutorial Pembuatan Aplikasi Android Dengan Powerpoint
Gambar 5
c. Tekan Publish, tunggu hingga selesai. Proses pembuatan file power point menjadi file HTML5, bisa di lihat di gambar di bawah ini :
Tutorial Pembuatan Aplikasi Android dengan Powerpoint
Gambar 6
Setelah selesai proses pembuatan file HTML5, maka hasilnya akan ditampilkan dalam Presentasi Preview, seperti pada gambar di bawah ini: (Tampilan seperti di device HP/Smart Phone yang sesungguhnya dan kita bisa mencoba untuk aplikasi pembelajarannya)
Tutorial Pembuatan Aplikasi Android dengan Powerpoint
Gambar 7
e. Langkah selanjutnya, ekstrak file HTML5 di folder D:/aplikasiku yang telah dibuat sebelumnya dengan nama file template.zip.

4. Mengubah file HTML5 ke APK

File powerpoint yang telah dikonversi menjadi HTML5 harus diubah menjadi file APK agar bisa diinstall di android. Software yang digunakan untuk mengkonversi file HTML5 menjadi APK adalah WEBSITE 2 APK BUILDER PRO. 

Langkahnya sebagai berikut:

a. Install dulu software website 2 APK Builder Pro
b. Langkah selanjutnya adalah mengubah file HTML5 menjadi APK dengan software Website 2 APK Builder Pro, langkahnya seperti pada gambar di bawah ini :
Tutorial Pembuatan Aplikasi Android dengan Powerpoint
Gambar 8
c. Tekan tombol Generate APK untuk membuat file APK dari file HTML5.
d. File hasil konversi berupa file APK akan tersimpan di folder D:/aplikasiku. Pindahkan file APK tersebut ke gawai/android dengan menggunakan bluetooth atau kabel data.
e. Silahkan install file APK yang telah dicopi tersebut ke gawai, tunggu hingga selesai dan hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini : 
Tutorial Pembuatan Aplikasi Berbasis Android
Gambar 9
Demikian tutorial sederhana membuat aplikasi pembelajaran berbasis android dengan menggunakan microsoft powerpoint. Silahkan berkreasi sesuai dengan kreatifitas masing-masing. (*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon