Monday, May 27, 2019

Beasiswa Kuliah S1/D4 Tahun 2019 untuk Guru Dari Kemendikbud

Beasiswa Kuliah S1/D4 untuk Guru Tahun 2019
Beasiswa Kuliah S1/D4 untuk Guru Tahun 2019
Pemerintah berikan Bantuan Kuliah S1/D4 Tahun 2019 untuk guru dengan nama Program Bantuan Pemerintah Bagi Guru untuk Studi Lanjut S1. Pendaftaran dilaksanakan secara online/daring melalui laman https://gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019. Silahkan baca artikel berikut untuk info lebih lanjut!

Kabar gembira bagi guru yang belum memiliki ijazah S1. Tahun 2019 ini, pemerintah melalui Direktorat Jendral GTK Kemendikbud kembali memberikan beasiswa bagi guru untuk Studi Lanjut S1. Informasi tersebut disampaikan melalui surat edaran Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan nomor 4082/B.B3/GT/2019 tanggal 22 Mei tahun 2019 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Disebutkan dalam surat, bahwa untuk mempercepat peningkatan kualifikasi akademik S1/D4 bagi guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud membuka Program Bantuan Pemerintah (Banpem) Untuk Peningkatan Kualifikasi Akademik S1/D4.

Bagi guru yang belum berkualifikasi S1/D4, segera manfaatkan kesempatan tersebut untuk segera mendaftar. Cara mendaftar dengan mengisi form pendaftaran bantuan pemerintah melalui  portal gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019. Bagi yang berminat harus segera bergerak cepat. Karena pendaftaran paling lambat tanggal 31 Mei tahun 2019.

Bantuan pemerintah (BANPEM) bagi guru untuk studi lanjut S1 ini ada 4 kategori, yaitu Sedang Studi S1, Pernah Studi S1, Lulusan Diploma, dan Lulusan SMA/SMK.

Surat Dirjen GTK tentang Program Banpem Untuk Peningkatan Kualifikasi Akademik S1/D4 tahun 2019
Surat Dirjen GTK Beasiswa S1 Guru
Surat Dirjen GTK Tentang Beasiswa S1/D4 Untuk Guru

Cara Daftar Beasiswa S1 Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2019

Bagi bapak dan ibu guru yang ingin mendaftar Program Peningkatan Kualifikasi Akademik S1/D4 bagi guru, silahkan mengikuti langkah-langkah pendaftaran sebagai berikut:


  1. 1. Kunjungi portal registrasi melalui laman https://gtk.kemdikbud.go.id/banpems12019/login/register (Siapkan NUPTK dan email aktif sebagai persyaratan untuk pengisian form pendaftaran)
  2. Isi form pendaftaran beasiswa dengan mengentrikan NUPTK. Jika NUPTK anda ditemukan dan valid, maka nama anda akan terisi otomatis, alamat email, password dan contreng kotak "I agree to term & Conditions". Jika semua telah terisi, silahkan klik tombol "Daftar"
  3. Jika proses berhasil, akan muncul notifikasi atau pemberitahuan "Success Registrasi Berhasil Dilakukan. Silahkan Cek Email (Inbox/Spam) Anda Untuk Verifikasi Pendaftaran. OK"
  4. Cek email masuk melalui email yang digunakan untuk melakukan pendaftaran. Jika sudah ditemukan, silahkan klik verifikasi sampai muncul notifikasi "Verifikasi Pendaftaran berhasil dilakukan. Silahkan Login menggunakan Username dan Password anda OK".
  5. Langkah selanjutnya, login ke aplikasi beasiswa dengan menggunakan username dan password yang telah dibuat saat melakukan pendaftaran. Jika berhasil login, Anda akan masuk beranda website PENDAFTARAN BANTUAN PEMERINTAH BAGI GURU UNTUK STUDI LANJUT S1. Lengkapi data pribadi anda pada menu profil. Jika sudah selesai, jangan lupa klik simpan agar perubahan data tersimpan.
  6. Selanjutnya, klik menu data tambahan. Pada menu ini isikan riwayat pendidikan, pengalaman pelatihan dan penghargaan yang dimiliki..
  7. Untuk pengisian dokumen pendukung, silahkan scan/pindai file-file yang dipersyaratkan untuk di upload ke aplikasi beasiswa kemendikbud. Untuk upload file, klik tombol browse kemudian pilih file yang akan di upload, dan klik tombol simpan.
Dokumen Administrasi yang harus dipindai/scan dan diupload..
  • SK Pengangkatan sebagai guru
  • Ijazah pendidikan terakhir
  • Transkip nilai
  • Sertifikat pendidikan dan pelatihan
  • Piagam penghargaan
  • Surat pernyataan belum berkualifikasi S1
  • Surat Pernyataan Tidak Sedang Memperoleh Bantuan Pendidikan dari Instansi/Lembaga lain (Tanda tangan bermaterai, diketahui kepala sekolah)
Setelah semua langkah diatas selesai dilakukan, maka pendaftaran beasiswa S1 Untuk Guru TK SD SMP SMA SMK SLB telah selesai. Pantau terus akun beasiswa Anda untuk mengetahui pengumuman resmi dari Kemendikbud dan dinas pendidikan untuk ke tahap berikutnya. Admin Komunitas Ngopi juga akan membagikannya nanti jika sudah ada pengumunan.

Demikianlah informasi tentang Beasiswa S1 Untuk Guru TK SD SMP SMA SMK SLB Dari Kemendikbud Bagi yang belum S1 tahun 2019. Bukan hanya guru PNS, beasiswa S1 ini juga berlaku untuk guru NON PNS. Jadi tunggu apalagi, daftarkan diri Anda, jika memang belum S1. Bukankah persyaratan menjadi guru memang harus memiliki kualifikasi S1/D4?

Semoga bermanfaat dan silahkan di share ke rekan-rekan lainnya jika memang bermanfaat.(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

20 komentar

Harus pny NUPTK ya, klu tdk punya bgmn, apakah bisa mendaftar dg cara lain?

kayaknya harus yang berNUPTK, soalnya langsung di validasi saat bikin akun

This comment has been removed by a blog administrator.

Sy sdh punya NUPTK yg terdaftar di dapodik dan info gtk.. Kenapa pas isi profil di banpem s1 selalu NUPTK tidak di temukan.. Mohon solusi atas permasalahan inii

apakah ini khusus guru?sedangkan disuratnya tertera untuk tenaga kependidikan..

M@X'3: Kayaknya sytemnya masih eror, tadi siang tidak ditemukan. tapi sekarang kolom nama muncul ngetik sendiri...

lupuz: khusus guru, dirjennya memang bagian ngurusi guru dan tenaga kependidikan..

Ass
Mau nanya apakah ada yang sama dengan saya pada saat upload dokumen tidak bisa atau string(4) erro
Padahal dokumen nya sdh di scan dgn format jpg dan size sdh di bawah 200 kb mohon info ny jika ada yg sdh sukses upload

selamat malam,, mohon maaf,, kenapa ya ndk bisa login dengan password pertama,, awalnya sy sempet lupa password,,nah kemudian saya tekan link lupa password kemudian masukkan email dan password baru,, setelah say menekan tombol proses,, pemberitahuan reset email ndk ada masuk, dan baru saya perhatikan ternyata password yang awal ada di email,, saya coba login lagi pakai password awal yang ada di email, tapi ndk bisa login,, terimakasih

unknown: gagal upload, barangkali masalah jaringan, coba diulang lagi

DICOBA PAKAI PEG ID KAK,BIASANYA HONORER SEBELUM PUNYA NUPTK PUNYA PEG ID

Untuk dokymen pendukung yg akan di upload harus berpa ykuran failnya?

Saya mau bertanya, saya sudah mengisi data dan upload dokumen namun tombol ajukan permohonan tidak mau sehingga masih belum mengajukan. Mohon solusinya, terimakasih.

kak kenapa linkny susah d bukak ya, siang td juga nggak bisa d bukak :p

Yang dimaksud nip dalam profil ap soaly saya msih honorer mohon bantuannya

gmna caranya dokumen tidak bisa tersimpan

Mat malam saya udah sukses untuk melakukan registrasi.tapi yang ingin saya tanyakan saya belum mengisi semua tentang tambahan th

@unknown untuk yang blum ad nip, kalau saya tadi saya buat tanda strip saja. (-)

assalamualaikum,,kalau pengumuman yang dapat beasiswa nanti lewat apa yah dan tgl berapa?wassalaualaikum

Salam...
Mohon maaf pak admin.
Mau tanya kemaren saya daftar telat satu hari...
Karena sistemnya error terus..
Masih bisa dinterima gak?

Terus pengumuman kelulusannya kapan nya?

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon