Sunday, May 12, 2019

Download Aplikasi Raport K13 untuk Kelas 1-6 SD

Aplikasi Raport K13 Kelas 1-6 SD
Aplikasi Raport K13 Hasil Karya Abd. Rohim, Guru SDN Duduklor Lamongan Jawa Timur 
Sahabat Kompi, menjelang berakhirnya tahun pelajaran 2018/2019, para guru pasti akan disibukkan dengan kegiatan penilaian pembelajaran, baik berupa Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) bagi sekolah yang masih menerapkan KTSP, maupun Penilaian Akhir Tahun (PAT) bagi sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 2013.

Untuk memudahkan guru dalam melaporkan hasil belajar siswanya kepada orang tua/wali murid dalam bentuk raport, banyak sekali aplikasi yang telah dibuat untuk membantu tugas guru, baik aplikasi sederhana berbasis excell, maupun aplikasi canggih berbasis pemograman lainnya. Jika browsing di internet dengan menggunakan kata kunci aplikasi raport k13 umpamanya, dalam hitungan detik, anda akan mendapatkan link untuk mengunduh aplikasi yang diinginkan.

Setelah mendapatkan izin dari pengembangnya, kali ini admin kompi akan membagikan aplikasi Raport K13 bagi kelas 1-6 SD hasil karya Bpk. Abd. Rohim, S.Pd.I, Guru PAI SD Negeri Duduklor Glagah Lamongan Jawa Timur. Aplikasi karya Pak Rohim ini merupakan aplikasi yang resmi digunakan di Kab. Lamongan Jawa Timur dalam beberapa tahun terakhir.

Meski demikian, bagi guru-guru di luar kab. lamongan juga bisa memanfaatkan aplikasi raport K13 hasil karya Pak Rohim ini karena tidak ada penguncian data wilayah. Sehingga, para guru tinggal mengubah data guru, data sekolah, data peserta didik, maupun data wilayah sesuai dengan tempat mengajar.

Aplikasi Raport K13 SD Karya Abd. Rohim Lamongan
Aplikasi Raport K13 SD Karya Abd. Rohim Lamongan 
Seperti dalam pengantarnya, Aplikasi Rapor K13 ini bertujuan untuk membantu para guru Sekolah Dasar yang telah menerapkan Kurikulum 2013 dalam melaksanakan penilaian rapor (autentic assesment) khususnya penilaian spriritual (KI-1), sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3), dan ketrampilan (KI-4) secara sederhana, mudah, dan tidak ribet.

Aplikasi rapor K13 ini disusun dengan merujuk pada peraturan yang berlaku, yakni:
  1. Permendikbud Nomor 20, 21, 22, 23, dan 24 Tahun 2016, dan
  2. Buku Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD) yang dikeluarkan oleh Kemdikbud RI Dirjen Dikdas Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar edisi Desember 2016, serta
  3. Buku Guru dan Buku Siswa Revisi 2017 dan 2018.
Dalam laman facebooknya, Pak Rohim menuturkan, bahwa Aplikasi Raport K-13 hasil karyanya merupakan revisi dari aplikasi yang telah dibuat sebelumnya. Untuk itu beliau menghimbau kepada guru-guru di Kab. Lamongan khususnya, juga seluruh guru yang memanfaatkan hasil karyanya, bahwa untuk kelas 123 semester genap tapel 2018/2019 diharapkan memakai Aplikasi Rapor SD K13 versi 13 (versi smt ganjil kemarin) atau pakai versi 14 (terbaru).

Sedangkan untuk kls 456 smt genap TP 2018/2019, dihimbau menggunakan Aplikasi Rapor SD K13 Versi 14.1 (terbaru). Aplikasi dapat di unduh via link di bawah ini:

01. Rapor SD K13 kls 123 versi 14:
02. Rapor SD K13 kls 456 versi 14.1:

Jika ada kesulitan maupun kendala ketika menggunakan aplikasi, silahkan hubungi pembuatnya melalui nomor kontak yang disediakan di aplikasi. Salam. (*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon