Sunday, May 5, 2019

Download Buku Pintar Ramadhan 1440 H, Gratis!

Download Buku Pintar Ramadhan 1440 H
Cover Buku Pintar Ramadhan
Begitu cepat waktu berputar. Tak terasa, kita kembali bertemu dengan Ramadhan 1440 H. Ramadhan adalah bulan penuh berkah, juga bulan tarbiyah. Bulan pendidikan bagi umat muslim agar belajar menjadi manusia yang paripurna. Belajar menjadi manusia yang mampu mengendalikan diri, di tengah hiruk pikuk zaman yang serba melampiaskan.

Sahabat Kompi,Dalam menyambut Ramadhan 1440 H tahun ini, tentu kita harus mempersiapkan diri, baik secara fisik maupun mental, agar ibadah yang kita lakukan diterima dan mendapatkan ridla Allah Swt. Kita pasti tidak berharap, di tengah hujan berkah yang diturunkan Allah Swt. melalui Ramadhan, kita tidak memanfaatkannya sedemikian rupa, sehingga kehadiran Ramadhan sama sekali tak berarti apa-apa untuk peningkatan kualitas keimanan kita.

Betapa banyak orang berpuasa, yang tak mendapatkan apa-apa dari puasanya selain lapar dan dahaga semata?

Rasulullah saw. sendiri banyak melakukan persiapan menjelang dan menyambut Ramadhan. Di antaranya adalah memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya’ban. Aisyah radhiallahu ‘anha mengatakan, “Saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih banyak berpuasa kecuali di bulan Sya’ban.”

Lalu, bagaimana sebaiknya kondisi kita dalam menghadapi bulan Ramadhan?

Setidaknya, kita bisa melakukan hal-hal sebegai berikut:
  1. Bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat, dengan kembali dan menghadapkan hati hanya kepada Allah Swt..
  2. Berdo’a agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan, juga meminta pertolongan kepada Allah agar diberikan kekuatan sehingga mampu menjalankan berbagai ibadah selama Ramadhan.
  3. Jika memiliki hutang puasa, bersegera menunaikan qadha puasa Ramadhan.
  4. Mempelajari hukum-hukum agama seputar Ramadhan. Sebab, beribadah yang tidak didasari ilmu akan tertolak.
  5. Mempersiapkan diri untuk melakukan amal kebaikan di bulan Ramadhan.
  6. Menjauhi mereka yang membuang-buang waktu dan menjalin pertemanan dengan mereka yang bersemangat menjalankan ibadah.
  7. Menghindari pertengkaran dan permusuhan, tak hanya di dunia nyata, juga di dunia maya. Betapa media sosial hari ini sangat diwarnai fitnah dan caci maki disebabkan ketidakdewasaan dalam menghadapi dunia politik praktis.
  8. Mengurangi aktivitas yang dapat memperberat pelaksanaan puasa.
  9. Melakukan survei rukyah al-hilal agar memiliki dasar dalam menjalankan ibadah puasa.

Ramadhan adalah bulan membaca. Sebagaimana al-Quran yang diturunkan pertama kali di bulan Ramadhan adalah perintah untuk membaca. Berikut ini, admin bagikan "Buku Pintar Ramadhan" yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan kita tentang bulan Ramadhan. “Buku Pintar Ramadhan” ini ditulis oleh Muhammad Shalih Al-Munajjid, diterjemahkan dan didistribusikan oleh tim @belajartauhid secara gratis. Buku ini diizinkan untuk disebarluaskan oleh berbagai pihak kepada kaum muslimin, asalkan tidak dengan tujuan komersial.

Semoga buku ini bermanfaat bagi kaum muslimin dan menjadi amal shalih yang memperberat timbangan kebaikan kita semua. Salam.
Download Buku Pintar Ramadhan 2019

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon