Friday, May 17, 2019

Lolos Pembatik Level 1, Apa yang Harus dilakukan di Pembatik Level 2?

Persiapan Pembatik Level 2 2019
Ilustrasi: Duta Rumah Belajar Kalimantan Selatan 2018
Program Pembatik Level 1 telah selesai dilaksanakan. Tanggal 14 Mei 2019 adalah batas terakhir perpanjangan waktu bagi peserta pembatik level 1 untuk melaksanakan post test atau ujian akhir. Bagi peserta level 1 yang tidak mengikuti ujian hingga waktu perpanjangan berakhir, otomatis tidak lulus karena tidak mendapatkan nilai yang dipersyaratkan minimal 70, sehingga tidak dapat melanjutkan ke level 2.

Tidak berselang lama setelah batas terakhir pelaksanaan post test,  Pustekkom mengumumkan Kelulusan Program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) level 1 melalui surat nomor 2643/12.3/PP/2019 yang ditujukan kepada Kepala Dinas/UPTD/Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur dan Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota.
Surat Pengumuman Peserta Lolos Level 2 PembaTIK 2019
Surat Pengumuman Peserta Lolos Level 2 PembaTIK 2019
Dalam suratnya, Pustekkom menyebutkan bahwa pelaksanaan program PembaTIK dikemas dalam bentuk bimbingan teknis (bimtek) level 1 (literasi), bimtek level 2 (implementasi), bimtek level 3 (kreasi), dan bimtek level 4 (berbagi). Bimtek level 1 dan level 2 dilaksanakan secara daring, sedangkan bimtek level 3 dan level 4 dilaksanakan secara tatap muka atau luring. Peserta terbaik level 3 masing-masing propinsi akan dikukuhkan sebagai Duta Rumah Belajar tahun 2019.

Bimtek level 1 telah berakhir. Peserta yang lolos seleksi telah diumumkan oleh Pustekkom melalui lampiran surat tersebut. Bagi yang ingin mengetahui pengumuman peserta lolos seleksi pembatik level 1, silahkan kunjungi webnya langsung di http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/user/pembatik_level_1_2019

Kami ucapkan selamat kepada peserta yang lolos seleksi pembatik level 1. Disamping memiliki kesempatan untuk mengikuti bimtek level 2, peserta yang lolos level 1 juga akan mendapatkan sertifikat 32 jp dari Pustekkom. Yang belum lolos, jangan berkecil hati. Dunia belum kiamat, masih ada banyak waktu dan kesempatan mengikuti diklat yang dilaksanakan oleh Pustekkom di waktu-waktu mendatang.

Bagi peserta lolos seleksi level 1, apalagi yang baru mengikuti program PembaTIK di tahun 2019 ini, tentu bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan ketika mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) level 2? Seperti dijelaskan dalam surat, bahwa Bimtek Level 2 akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Mei 2019 secara bertahap melalui pembagian kelasnya.

Artinya, jika melihat pengalaman tahun lalu, peserta lolos pembatik level 1 nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelas sesuai dengan daerahnya masing-masing. Lantas, apa saja yang harus dipersiapakan untuk bimtek pembatik level 2?

Persiapan PembaTIK level 2

Level 2 adalah tahap implementasi. Melihat pengalaman PembaTIK tahun 2018, setelah dinyatakan lolos seleksi level 1, peserta mengikuti bimtek daring level 2 dan harus mengimplementasikan TIK ke dalam pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan fitur rumah belajar.

Adapun modul yang dipelajari dalam bimtek level 2 adalah sebagai berikut:
Modul Bimtek Level 2 PembaTIK 2019
Modul Bimtek Level 2 PembaTIK tahun 2018
Perancangan Pembelajaran Berbasis TIK: Modul ini dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta, berisikan tentang hal-hal seputar penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan TIK.

Setelah mempelajari modul tersebut, peserta bimtek level 2 diharapkan akan mampu menyusun RPP yang mengintegrasikan TIK dengan baik dan benar sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan sekolah masing-masing.

Pemanfaatan Rumah Belajar: Modul ini berisi materi pembahasan seputar pemanfaatan Fitur di Rumah Belajar yaitu Fitur Sumber belajar, Fitur Bank Soal dan Karya Bahasa dan Sastra. Modul ini juga dipelajari secara mandiri.

Tutorial Pembuatan Video Sederhana:  Setelah peserta bimtek level 2 mampu membuat Rancangan Pembelajaran dalam RPP yang terintegrasi TIK dengan memanfaatkan salah satu fitur Rumah Belajar, maka mereka harus menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan mendokumentasikan pembelajaran tersebut ke dalam video (vlog).

Modul Tutorial Pembuatan Video Sederhana ini diberikan untuk membantu peserta bimtek level 2 dalam endokumentasikan pembelajaran yang dilaksankan. 

Ujian Akhir Diklat: Tahap akhir bimtek level 2 adalah ujian akhir atau post test yang akan menentukan apakah peserta bisa lolos mengikuti level 3 atau tidak. Adapun tugas yang harus dikerjakan di level 2 ini adalah sebagai berikut:
  1. Aktif dalam forum diksusi (20%)
  2. Mengumpulkan tugas membuat RPP terintegrasi TIK dan dokumentasi kegiatan pembelajaran dalam sebuah Vlog (50%)
  3. Mengerjakan Post Test (30%)
Penilaian Bimtek Pembatik Level 2 Tahun 2018
Penilaian Bimtek Pembatik Level 2 Tahun 2018
Nilai yang diperoleh dari masing-masing item tugas akan dikonversi sesuai dengan bobotnya masing-masing. Jika ingin lulus dalam level 2 ini harus mendapatkan nilai di atas KKM. Tahun 2018, KKM yang ditentukan adalah 70.

Sahabat Kompi yang budiman, penjelasan bimtek pembatik level 2 di atas adalah pelaksanaan PembaTIK level 2 tahun 2018 sebagai gambaran  untuk tahun 2019 ini. Semoga di tahun 2019 ini tidak jauh berbeda. Untuk kebih jelasnya, silahkan login di akunnya masing-masing jika telah disiapkan tool untuk pembatik level 2. Nantinya akan dibagi ke dalam kelas dan dijelaskan lebih lanjut apa yang harus dilakukan ketika mengikuti Bimtek PembaTIK level 2.

Ikuti semua proses yang telah ditentukan. Semoga dengan segala jerih payah itu, peserta PembaTIK level 2 akan lolos seleksi, sehingga bisa memiliki tiket menuju bimtek level 3. Hanya saja, tidak seluruh peserta level 3 akan diundang ke propinsi. Hanya seorang peserta terbaik mewakili kabupaten masing-masing nantinya yang akan diundang. Bimtek level 3 dilaksanakan secara tatap muka di propinsi masing-masing.(*)

Update: Artikel di atas adalah gambaran tugas PembaTIK Level 2 tahun 2018. Untuk tugas bimtek PembaTIK Level 2 tahun 2019 telah dijelaskan oleh Pak Arif Darmawan dari Pustekkom melalui Video Conference Pembatik Level 2. Silahkan baca tugasnya melalui tautan berikut:

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon