Friday, May 3, 2019

Lomba ONIP 2019 P4TK Matematika Yogja telah Dibuka, Ikutan Yuk!

Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) 2019
Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) 2019
Poster ONIP 2019ONIP 2019 - Guru memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tantangan peningkatan kompetensi guru terus berkembang seiring meningkatnya tuntutan kualitas pendidikan. Untuk itulah, sejak diberlakukannya PermenPAN dan RB Nomor 16 tahun 2009 tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, guru dituntut mengembangkan kompetensi secara berkelanjutan, sehingga mampu menjalankan tugas profesionalnya dengan baik.

Memang, tugas guru tidak hanya mengajar, membimbing dan menilai, tetapi juga harus melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB). Kegiatan tersebut wajib dilakukan oleh guru secara terencana yang meliputi tiga hal, yaitu kegiatan pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. 

Terkait itulah, PPPPTK Matematika sebagai unit pelaksana teknis di lingkup Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya mendorong dan memfasilitasi kegiatan PKB guru, terutama guru matematika. Salah satunya dengan menyelenggarakan Olimpiade Nasional Inovasi Pendidikan (ONIP) Matematika. ONIP telah berlangsung selama enam tahun, merupakan program PPPPTK Matematika guna mendorong guru melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Dalam enam tahun perjalanannya, produk inovasi yang dihasilkan peserta ONIP umumnya berupa alat peraga dan model pembelajaran baik melalui TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) maupun non-TIK. Tahun 2019 ini, ONIP 2019 kembali dibuka untuk mendorong guru menciptakan karya inovatif sesuai dengan tuntutan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

KATEGORI ONIP 2019

Siswa sekarang termasuk generasi milenial dengan gaya belajar berbeda. Jika tidak mengikuti perkembangan zaman, guru akan tertinggal dengan siswanya. Untuk itulah, guru harus mampu berinovasi dalam kegiatan pembelajaran.

Dengan pertimbangan itu, maka ONIP 2019 difokuskan pada kategori berikut:
  1. e -Learning (termasuk Mobile Learning)
  2. Pembelajaran STEM
  3. Pemanfaatan komputasi awan (Cloud Computing) untuk pembelajaran
  4. Augmented Reality dan Virtual Reality
  5. Teknologi pemodelan 3-Dimensi.
  6. Game berbasis TIK
  7. Kecerdasan buatan
  8. Pembelajaran berbasis TIK lainnya.

Ketentuan Produk Inovasi

Produk inovasi ONIP 2019 adalah produk inovasi pembelajaran hasil karya guru dalam kategori di seperti disebutkan di atas dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Bukan karya plagiasi, merupakan karya asli milik sendiri, baik karya individu maupun tim.
  2. Belum pernah menjuarai lomba/kompetisi sejenis, baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional.
  3. Karya yang dikirim dibuat dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.
  4. Diperkenankan mengirimkan lebih dari 1 karya, dengan catatn hanya 1 karya yang akan dipresentasikan dalam seleksi selanjutnya. Jika ditemukan lebih dari 1 karya dinyatakan lolos pada seleksi awal, peserta diharuskan memilih 1 karya yang dipresentasikan dalam tahap prersentasi produk (babak final).
  5. Karya lomba merupakan karya inovatif, yaitu hasil pengembangan dari yang belum ada sama sekali atau hasil modifikasi. Jika karya modifikasi, wajib menuliskan bentuk modifikasi dan urgensi modifikasi. Harus disertakan juga asal produk asli sebagai dasar pengembangan.
  6. Harus mendukung pembelajaran matematika di sekolah. Untuk kepentingan simulasi tidak diharuskan menyesuaikan dengan semester pelaksanaan.
  7. Jika hasil karya tim (bukan individu), maka hanya 1 orang mewakili tim untuk melaksanakan presentasi di babak final.

Kelengkapan Produk dan Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran produk inovasi ONIP 2019 dilaksanakan secara online dengan mengisi Form Online Pendaftaran ONIP 2019 serta mengirimkan kelengkapan produk yang terdiri dari:
  1. Gambaran Singkat Produk
  2. Laporan Pengembangan Produk
  3. File hasil scan surat pernyataan keaslian karya serta pernyataan belum pernah menang dalam suatu lomba/kompetisi sejenis. Format disediakan panitia.
  4. File hasil scan pengesahan dan ijin dari Kepala Sekolah dengan menggunakan format dari panitia.
  5. Video simulasi penerapan pembelajaran menggunakan produk inovasi yang didaftarkan,
  6. RPP dengan menggunakan produk inovasi yang didaftarkan.
Produk inovasi beserta kelengkapannya tersebut dikirimkan dengan cara diunggah di cloud (penyimpanan awan) milik peserta. Peserta kemudian membagikan link-nya kepada panitia seleksi melalui informasi di file “Gambaran Singkat Produk”.
Gambaran Singkat Produk, setidaknya berisi:
  1. Deskripsi singkat dan kategori produk, 
  2. Alamat url/cloud tempat produk inovasi bisa diakses/diunduh. Jika produk inovasi berupa e-learning, harus diinformasikan cara login sebagai guru atau login sebagai siswa dengan menyertakan username dan password, agar penilai bisa mencoba e-learning tersebut. Jika berupa aplikasi, maka harus disertakan alamat untuk mengunduh aplikasi.
Laporan Pengembangan Produk, ditulis dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah yang lazim setidaknya berisi:
  1. Latar belakang keilmuan (matematika dan pendidikan matematika) yang mendasari pengembangan produk inovasi, 
  2. Prosedur ilmiah pengembangan produk. Misalnya merupakan penelitian pengembangan (R&D), maka bisa menggunakan 4D, ADDIE, R2D2, Model Kemp, dan sejenisnya.
Produk inovasi beserta 6 kelengkapan yang telah disebutkan di atas harus diunggah di cloud dan diinformasikan di Gambaran Singkat Produk untuk kemudahan mengakses. Kelengkapan di atas juga harus diunggah ketika mengisi form pendaftaran online.

Tahapan Seleksi dan Tanggal Penting

Pendaftaran dan pengiriman produk inovasi dimulai pada 1 Mei s.d. 31 Agustus 2019
Pelaksanaan seleksi administrasi dan penilaian produk inovasi pada bulan September 2019
Pengumuman hasil penilaian produk inovasi pada 30 September 2019
Tiga puluh (30) peserta terpilih akan diundang untuk presentasi dan simulasi produk inovasi pada acara babak final di PPPPTK Matematika Yogjakarta pada 21 s.d 25 Oktober 2019

Demikian informasi Lomba ONIP 2019. Guru Mulia Karena Karya. Mari terus berkreasi menciptakan inovasi pembelajaran untuk pendidikan yang lebih baik. Keterangan lebih lanjut, kunjungi website ONIP 2019 Matematika di http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/onip/onip-2019/.  Panitia penyelenggara: email: onip@p4tkmatematika.org, narahubung:  Tika (085927484086) (*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon