Thursday, May 9, 2019

Seminar Nasional Guru Dikdas 2019 Telah Dibuka. Ikutan Yuk!

Ilustrasi: Seminar Nasional Kesharlindung Dikdas Tahun 2017
Beberapa program kegiatan Subdit Kesharlindung Dikdas Tahun 2019 mulai dilaksanakan. Mulai dari Olimpiade Guru Nasional (OGN), Workshop Perlindungan Guru Tahap I 2019, Perlombaan I Inovasi Pembelajaran (Inobel) 2019, dan lain-lain. Saat ini, kegiatan yang baru akan dibuka pendaftarannya setelah Workshop Perlindungan Guru, adalah Seminar Nasional Guru Dikdas Tahun 2019.

Disampaikan oleh Pak Dakroni, admin yang menangani web kesharlindung dan blog gurindo.id, bahwa Seminar Nasional Guru Dikdas Tahap I Tahun 2019 akan segera dibuka. Meskipun pedomannya belum diupload di web kesharlindung, tapi beliau telah menjelaskan sebagian persyaratannya melalui blog gurindo.id

Berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi, dikutip dari blog gurindo.id, saluran guru Indonesia bagi yang ingin mengikuti Seminar Nasional Guru Dikdas Tahun 2019.

Peserta Seminar Nasional Tahun 2019 

Peserta Seminar adalah:
  1. Guru Pendidikan Dasar di seluruh wilayah NKRI dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang memiliki NUPTK di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang artikelnya lolos seleksi secara online;
  2. Guru yang mendapakan izin mengikuti seminar dari Kepala Sekolah.

Tema Seminar

Tema Seminar Nasional Guru Pendidikan Dasar Tahun 2019 adalah “Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar pada Era Revolusi Industri 4.0” 

Sedangkan subtema adalah sebagai berikut.
  1. Pengembangan Karier Guru
  2. Pengembangan Kompetensi Guru
  3. Penguatan Pendidikan Karakter
  4. Peningkatan Mutu Pembelajaran
  5. Pengembangan Literasi Dasar
  6. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal
  7. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
  8. Asesmen Berbasis Teknologi Informasi
  9. Gagasan Inovatif Perlindungan Guru
  10. Pembelajaran yang Menstimulasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS)
  11. Pendekatan Science-Technology-Engineering-Art-Math (STEAM)
Yang harus betul-betul diperhatikan ketika mendaftar di Kegiatan Seminar Nasional melalui akun kesharlindung adalah sebagai berikut:
  1. Ketika mendaftar, pastikan telah memilih tema yang paling tepat, karena tema yang dipilih saat mendaftar tidak bisa diubah kembali.
  2. Ada tiga jenis artikel yang bisa dipilih, yaitu Artikel Bestpractice, Hasil Kajian, dan Hasil Penelitian. Pada artikel yang akan dikirim, tulislah jenis artikel pada awal penulisan judul pada tulisan. Contoh: (Bestpractice) Pengembangan Literasi Dasar pada siswa SD 1 Kebon Rojo; (Hasil Kajian) Pengembangan Literasi Dasar pada siswa SD 1 Kebon Rojo atau; (Hasil penelitian) Pengembangan Literasi Dasar pada siswa SD 1 Kebon Rojo.

Persyaratan Artikel
  1. Artikel sesuai dengan subtema yang telah ditentukan;
  2. Artikel merupakan hasil karya sendiri (asli) dibuktikan dengan pernyataan keaslian naskah bermeterai (format disediakan panitia);
  3. Naskah artikel belum pernah diseminarkan maupun dipublikasikan, serta tidak sedang dalam proses reviu oleh editor jurnal atau media publikasi lainnya;
  4. Artikel memiliki nilai similarity maksimal 30%;
  5. Artikel dibatasi maksimal 12 halaman, termasuk abstrak dan daftar referensi.

Ketentuan Artikel
  1. Artikel ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dan baik (sesuai PUEBI).
  2. Panjang naskah maksimal 12 halaman, menggunakan program Windows Microsoft Word tahun 2003 ke atas, kertas ukuran A4, diketik 1,5 spasi, tipe huruf Times New Roman, font size 12, margin atas dan kiri 3 cm, bawah dan kanan 3 cm.
  3. Artikel disimpan dengan nama file: nama penulis_nomor subtema_kota/kabupaten tempat tinggal. Contoh: seorang penulis bernama Abdillah Zunaidi berdomisili di Kabupaten Lamongan memilih subtema Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi, Maka nama filenya adalah: abdillah zunaidi_7_lamongan.
  4. Artikel ditulis dengan sistematika sesuai dengan yang dijelaskan dalam pedoman.

Jadwal Kegiatan Seminar
Seminar Nasional Guru Pendidikan Dasar Tahun 2019 rencananya dilaksanakan pada tanggal 2 - 5 Juli 2019. Jadwal registrasi, kirim artikel, dan lain-lain perhatikan gambar berikut:
Jadwal Kegiatan Semanar Nasional Guru Dikdas tahun 2019
Jadwal Kegiatan Semanar Nasional Guru Dikdas tahun 2019

Tips Lolos Seleksi
Bagaimana agar bisa lolos ketika mengikuti Seminar Nasional Guru Pendidikan Dasar Tahun 2019? Silahkan baca pada tautan berikut:
Tips Bisa Lolos Seleksi Seminar Nasional Guru Dikdas Tahun 2019

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon