Wednesday, May 22, 2019

Bimtek PembaTIK Level 2, Inilah Tugas Yang Harus dikerjakan

Tugas Bimtek PembaTIK level 2 Duta Rumah Belajar
Arief Darmawan dari Pustekkom saat Video Conference PembaTIK Level 2
Program pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) Level 1 Tahun 2019 telah selesai dilaksanakan. Seperti dikatakan oleh Pak Arief Darmawan dari Pustekkom dalam vicon pembaTIK level 2, bahwa animo peserta pembaTIK tahun 2019 sangat luar biasa berkat kerja keras para Duta Rumah Belajar di masing-masing propinsi.

Tercatat kurang lebih 28 ribuan peserta yang telah mendaftarkan diri pada program PembaTIK tahun 2019 dari seluruh propinsi di Indonesia. Dari jumlah pendaftar tersebut, kurang lebih 13 ribuan yang dinyatakan lulus dalam pembaTIK level 1 sehingga bisa mengikuti program pembaTIK level 2 yang salah-satu propinsi sudah mulai dilaksanakan, yaitu Propinsi Bali. Propinsi lainnya akan dilaksanakan setelah lebaran.

Sahabat Kompi, beberapa waktu lalu, admin telah memposting artikel tentang gambaran tugas pembaTIK level 2. Artikel tersebut merupakan pengalaman mengikuti pembaTIK tahun 2018, sehingga wajar jika pembaTIK level 2 tahun 2018 ada perbedaan dengan pembaTIK level 2 tahun 2019. Tugas pembaTIK level 2 secara jelas telah diuraikan Pak Arief Darmawan melalui vicon pada selasa malam (22/05)
baca: Sekilas tentang Bimtek PembaTIK level 2
Berikut ini adalah vicon PembaTIK level 2 dengan presenter Pak Arif Darmawan dari Pustekkom terkait tugas yang harus dilaksanakan dalam pembaTIK level 2. Hasilnya admin tuliskan melalui artikel di bawahnya:


Tugas Bimtek PembaTIK Level 2

Nilai KKM
Dalam pembaTIK level 2, KKM yang harus dicapai oleh peserta sama dengan pembaTIK level 1, yaitu 70.

Penentuan Poin Kelulusan
Poin penentuan kelulusan ditentukan 40% untuk penilaian Ujian Akhir Level 2 dan 60% untuk penugasan. Poin ini berbeda dengan tahun 2018 yang menetapkan poin kelulusan penugasan 50%, Ujian Akhir 30%, dan Diskusi 20%. Meski tidak masuk penilaian, peserta pembaTIK 2019 tetap wajib mengikuti diskusi pembaTIK level. Keuntungan mengikuti diskusi adalah jika pada penilaian akhir nilai KKM tidak terpenuhi, maka keaktifan mengikuti diskusi akan dijadikan sebagai pertimbangan.

Membuat Akun Rumah Belajar
Tugas selanjutnya adalah membuat akun Rumah Belajar di laman https://belajar.kemdikbud.go.id. Jika peserta pembaTIK level 2 sudah memiliki akun rumah belajar, maka tugas pembuatan akun rumah belajar ini dianggap sudah dikerjakan.

Pembuatan RPP
Bimtek PembaTIK level 2 adalah implementasi. Untuk itulah, peserta harus mengimplementasikan TIK dalam kegiatan pembelajaran dengan membuat RPP. Pembuatan RPP terintegrasi TIK tersebut harus sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh peserta bimtek dengan memanfaatkan berbagai fitur dalam portal Rumah Belajar.

Pembuatan Video Pembelajaran

Berbeda dengan tugas membuat video di tahun 2018 yang merupakan VIDEO DOKUMENTASI, tugas membuat video tahun 2019 ini adalah VIDEO PEMBELAJARAN sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Video yang dibuat dibatasi durasi waktu 3 - 7 menit, menggunakan Resolusi 720 HD, dibuat dalam Format MP4.

Tidak ada kewajiban aplikasi khusus untuk membuat video pembelajaran. Artinya, peserta bimtek pembaTIK level 2 bebas menggunakan aplikasi sesuai dengan kemampuan peserta, baik aplikasi berbasis android, maupun berbasis dekstop.

Sekali lagi, materi yang dimunculkan dalam video harus sesuai dengan materi yang ada di RPP. Tak kalah pentingnya, model dalam video adalah wajah peserta bimtek, tidak boleh diwakili karakter ataupun wajah orang lain. Kata sapaan yang digunakan adalah SAHABAT RUMAH BELAJAR.

Pembagian Kelas
Jika pembaTIK level 2 sudah dilaksanakan, peserta bimtek level 2 akan dikelompokkan dalam sebuah kelas daring sesuai dengan propinsi masing-masing. Pembagian kelas nantinya akan diumumkan melalui akun simpatik masing-masing peserta. Saat ini, propinsi yang sudah melaksanakan bimtek pembaTIK level 2 adalah Propinsi Bali. Propinsi lainnya kemungkinan besar akan dilaksanakan setelah lebaran.

Demikian tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh bapak/ibu guru sebagai peserta bimtek pembaTIK level 2. Semua tentu berharap akan bisa lulus, juga bisa menjadi peserta terbaik yang akan mewakili kabupaten untuk mengikuti diklat tatap muka level 3 yang dilaksanakan di propinsi. Untuk itu, peserta harus benar-benar memperhatikan proses yang harus dilalui dalam bimtek pembaTIK level 2, sehingga bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Semua peserta pembaTIK level 2 yang lulus akan mendapatkan sertifikat 32 jam dari Pustekkom. Peserta terbaik level 2 akan melaju ke level 3 yang akan dilaksnakan secara tatap muka di propinsi.(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon