Wednesday, June 26, 2019

Lomba Membatik 2019 Telah Dibuka, Buruan Daftar!

Lomba Membatik 2019
Lomba Membatik Pustekkom Kemdikbud 2019
Sahabat Kompi, Pustekkom Kemdikbud kembali menyelenggarakan Lomba Membatik 2019. Apa itu MembaTIK ?

Lomba Membatik 2019MembaTIK adalah Membuat bahan ajar berbasis TIK. Lomba MembaTIK adalah lomba membuat media pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Melalui MembaTIK, diharapkan peserta dapat membuat sebuah media pembelajaran berbasis TIK yang menarik, kreatif dan interaktif yang dapat dipergunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah.

Ada empat jenis atau kategori Lomba MembaTIK 2019, yaitu:
  1. Video Pembelajaran Berformat MP4
  2. Multimedia Interaktif Berformat HTML
  3. Game Edukatif Berformat HTML
  4. Augmented Reality Berformat APK

Kriteria Peserta
Lomba MembaTIK 2019 diperuntukkan bagi guru, siswa, mahasiswa, dan khalayak umum dengan kriteria peserta sebagai berikut:
  1. Guru PNS dan non PNS semua jenjang, jenis dan Jalur Pendidikan.
  2. Siswa semua jenjang, jenis dan jalur Pendidikan (formal non formal).
  3. Umum: WNI, perseorangan atau kelompok (komunitas). 

Syarat dan Ketentuan
Syarat dan ketentuan Lomba MembaTIK 2019 sebagai berikut:
  1. Media pembelajaran yang dibuat belum pernah di publikasikan sebelumnya.
  2. Media pembelajaran akan menjadi Hak Milik sepenuhnya Pustekkom Kemdikbud untuk di unggah ke dalam Rumah Belajar.
  3. Mengisi Surat Pernyataan Keaslian karya (format dapat di unduh melalui website MembaTIK).
  4. Konten tidak mengandung muatan SARA.
  5. Karya yang di lombakan mengikuti standar penyajian yang telah di tentukan oleh Pustekkom.
  6. Mengikuti standar penyajian masing-masing jenis media pembelajaran sebagai berikut:  
Video Pembelajaran
  1. Menampilkan video logo Rumah Belajar pada scene awal, file dapat diunduh di halaman kategori lomba.
  2. Ukuran video 16 : 9
  3. Resolusi video High Definition (HD) minimal 720 pixel (1280 x 720)
  4. File size: Maksimal 150 Mb
  5. Format video yang diterima adalah MPEG4 dan MP4
  6. Durasi atau lama waktu pemutaran video: Maksimal 8 Menit (Apabila durasi melebihi 8 menit, file dibagi menjadi 2 atau lebih)
Multimedia Interaktif
  1. Ukuran tampilan standar pada aplikasi pembuat multimedia interaktif serta responsif bila ditampilan di android (menyesuaikan ukuran/tampilan) dan berbasis HTML 5
  2. Animasi logo kemdikbud (pembuka)
  3. Topik, Tema, sub tema dan Sasaran
  4. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) (maksimal 2 KD)
  5. Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta dan Isi karya menjadi tanggung jawab peserta dengan membuat surat pernyataan (dapat di download melalui web).
  6. Terdapat latihan atau tes
  7. Terdapat Daftar Pustaka
  8. Terdapat Info Pengembang
Game Edukatif
  1. Karya adalah hasil ide dan kreasi orisinal peserta dilampiri surat pernyataan orisinalitas karya. Isi karya menjadi tanggung jawab peserta.
  2. Karya belum pernah menjadi juara di kompetisi serupa.
  3. Karya tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, dan Ras).
  4. Karya berupa game edukasi yang bisa dipublikasikan dan dimanfaatkan melalui portal Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id.
  5. Game Edukasi yang dimaksud dipublikasikan dalam format HTML/HTML5, sehingga dapat diakses via web browser di multi platform operating system.
  6. Game edukasi dapat berupa arcade, adventure, shooter, atau genre lain sesuai dengan konten pendidikan yang diangkat, baik materi pelajaran tertentu atau pembiasaan karakter siswa.
  7. Perangkat lunak yang dipergunakan untuk membuat Game Edukasi bebas.
  8. Penggunaan library yang bersifat open source diperbolehkan.
  9. Seluruh asset Game Edukasi (seperti gambar, suara, atau klip) merupakan asli buatan sendiri. 
  10. Mencantumkan logo Kemendikbud pada Splash Screen, maksimal 5 detik.
  11. Game edukasi disajikan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran bahasa asing/daerah/muatan lokal.
  12. Melampirkan naskah dan dokumen penjelasan karya.
  13. Karya dan dokumen penjelasan karya dibuat dalam satu folder, selanjutnya folder tersebut diarsipkan dalam format RAR/ZIP dengan nama “namapeserta_asallembaga”, lalu dikirimkan melalui website Membatik https://membatik.kemdikbud.go.id.
Augmented Reality
  1. Aplikasi Augmented Reality (AR) harus berjalan di platform android.
  2. Splash Screen atau Opening wajib memasukkan logo Kemendikbud dan logo Rumah Belajar ke dalam aplikasi. Durasi 3-5 detik
  3. Materi atau konten merupakan materi atau konten edukasi
  4. Membuat Deskripsi Konten AR yang dibuat.
  5. Mengupload video demo karya lomba dengan durasi 30-60 detik (contoh video bisa dilihat diweb resmi lomba)
  6. Unggah 1 icon (200x200 px) dan 3 screenshoot karya (ukuran sesuai Smartphone).
  7. Mengirim Source Code dan hasil akhir kepada Panitia (Lewat Aplikasi)
  8. Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta dan Isi karya menjadi tanggung jawab peserta dengan membuat surat pernyataan (dapat di download melalui web).
  9. Harus menyertakan Daftar Pustaka
  10. Terdapat Info Pengembang
  11. Terdapat info penggunaan aplikasi yg di buat Kapasitas maksimal hasil konten final 300Mb

Hadiah dan Pemenang MembaTIK 2019
Pemenang di ambil per-jenis media:
  • Media pembelajaran berbasis Video: Terbaik 1 s/d 3
  • Media Pembelajaran interaktif (format HTML): Terbaik 1 s/d 3
  • Media Pembelajaran berbasis Game (format HTML): Terbaik 1 s/d 3
  • Media pembelajaran berbasis Augmented Reality: Terbaik 1 s/d 3
Para pemenang terbaik per kategori akan mendapatkan hadiah uang pembinaan dan di undang ke Malam Anugerah Ki Hajar 2019. Akan diambil 200 karya yang layak untuk di unggah ke Rumah Belajar (di luar pemenang) akan mendapatkan penghargaan dari Pustekkom.

Jadwal Acara dan Rangkaian Kegiatan
Kegiatan MembaTIK 2019 berlangsung secara online di seluruh Indonesia, mulai dari tanggal 24 Juni hingga 31 Agustus 2019. Adapun tahapan kegiatan adalah sebagai berikut:
  1. Pendaftaran | 24 Juni - 31 Agustus 2019. Peserta melakukan pendaftaran di http://membatik.kemdikbud.go.id.
  2. Unggah Karya Lomba | 24 Juni - 31 Agustus 2019, Peserta menggunggah karya yang dibuat ke website membaTIK.
  3. Penjurian | 1 September - 31 September 2019, File karya yang sudah terkirim akan diseleksi oleh Juri sesuai dengan persyaratan yang diberikan.
  4. Nominasi Karya | 1 Oktober - 31 Oktober 2019, Terseleksi 32 nominasi karya terbaik untuk diundang ke Jakarta.
  5. Pengumuman Pemenang | November 2019, Pengumuman juara pemenang per kategori di Anugerah Ki Hajar 2019.

Cara Mengikuti Lomba
Untuk Mengikuti Lomba MembaTIK 2019, Peserta harus melakukan pendaftaran secara online di laman https://membatik.kemdikbud.go.id/daftar, selanjutnya peserta melakukan unduh panduan dan melakukan pengiriman karya pada akun peserta yang telah berhasil dibuat. 

Cara mengikuti lomba dapat dilihat pada gambar berikut ini:
Cara Mengikuti Lomba MembaTIK 2019
Cara Mengikuti Lomba MembaTIK 2019
Demikian informasi Lomba MembaTIK 2019 yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud. Jika info ini bermanfaat, silahkan dibagikan pada yang lain agar Informasi Lomba MembaTIK 2019 ini semakin tersebar luas sehingga bisa diikuti oleh seluruh insan pendidikan untuk menghasilkan media pembelajaran yang menarik, kreatif dan interaktif berbasis TIK. Salam Kreatif Berani Berkarya dengan TIK untuk Kemajuan Pendidikan di Indonesia.(*)

Komunitas Ngopi

Jika ingin bermimpi, tidurlah. Tapi ketika ingin mewujudkan mimpi, bangunlah selagi asap kopi masih mengepul. Tabik!

Berkomentarlah yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan. Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas dan menyinggung.

Salam
EmoticonEmoticon